Senin, 16 Oktober 2023 - 13:17:12 WIB

Game Interaktif "Dragon Boat" Tarik Perhatian Pengunjung Allianz Asia Pacific Summit 2023

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 1868 kali


Bangkok – AR&Co anak usaha PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara hadirkan game interaktif berbasis photoelectric sensor di ajang Allianz Asia Pacific Summit 2023. Ini merupakan kesekian kalinya AR&Co mendapatkan kepercayaan dari Allianz Indonesia untuk bekerja sama mendukung perusahaan asuransi global ini dalam perhelatan tahunan Allianz Asia Pacific Summit 2023.

Dalam event yang diikuti perwakilan Allianz 10 negara, antara lain: China, Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, Australia, dan Laos ini, Allianz Indonesia berkolaborasi dengan AR&Co menghadirkan permainan interaktif menggunakan teknologi photoelectric sensor bernama “Interactive Dragon Boat Paddle Game“ sesuai dengan tema yang diangkat Allianz, "Paddle Together, Go Beyond", yang mampu menyedot perhatian seluruh pengunjung pada ajang Allianz Asia Pacific Summit 2023.

Interactive Dragon Boat Paddle Game, yang instalasi fisiknya terinsipirasi dari Antaboga atau Anataboga, seekor ular raksasa di mitologi Jawa dan Bali, merupakan ide Allianz Indonesia untuk mengangkat prinsip kerja sama sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia secara global. Permainan ini membutuhkan proses pengerjaan dengan waktu kurang lebih 1,5 bulan, melibatkan alat pendukung berupa dayung untuk mendapatkan skor tertinggi. Permainan ini melibatkan 3 orang dengan menggerakkan dayung di kanan dan kiri perahu untuk menggambarkan 3 entitas yang ada di Allianz Indonesia yakni Allianz Life Indonesia, Allianz Utama Indonesia dan yang terbaru Allianz Life Syariah Indonesia. Dilengkapi sensor yang mendeteksi gerakan, setiap kali gayung bergerak akan terdeteksi sensor dan akan diterjemahkan menjadi gerakan mendayung di dalam permainan. Semakin seragam gerakan dayung oleh ketiga pemain, maka perahu akan bergerak semakin cepat.

“Semakin cepat dan seragam gerakan mendayung para peserta, maka avatar dalam games akan mendayung lebih kencang sehingga bisa mencapai skor yang lebih tinggi. Merupakan sebuah kebanggaan untuk menampilkan permainan yang mampu menyedot perhatian banyak peserta, minat pengunjung untuk mengetahui kemampuan teknologi di Indonesia semakin meluas.” ujar Gupta Sitorus, Group Chief Sales & Marketing Officer WIR Group. Kompetisi yang seru sebagai fun games antar negara peserta mampu mengantarkan booth Allianz Indonesia sebagai booth paling ramai, paling seru dan paling menyenangkan.

AR&Co sudah beberapa kali dipercaya Allianz Indonesia untuk hadir dalam ajang internasional yang diselenggarakan oleh Allianz. Hal ini merupakan kehormatan bagi AR&Co sekaligus pembuktian komitmen untuk terus melakukan inovasi yang dapat mendukung pengembangan untuk seluruh industri. “Kepercayaan adalah kunci dalam pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi industri. Teknologi yang dibangun dengan kepercayaan akan lebih mudah diterima dan digunakan masyarakat. Kami berterima kasih kepada Allianz Indonesia yang telah memberikan pengakuan dan kepercayaan kepada AR&Co untuk terus memberikan dukungan pengembangan teknologi dan sampai dengan saat ini AR&Co telah sukses mengerjakan beberapa proyek untuk mendukung kegiatan Allianz Indonesia serta mitra-mitra kami lainnya di dalam dan luar negeri,” ujar Gupta.

Lebih jauh Allianz Indonesia menambahkan “Sinergi bersama WIR Group melalui anak perusahaannya AR&Co memberikan dampak yang luar biasa terhadap industri kami. Kepercayaan ini telah terjalin lama dan sampai sekarang AR&Co mampu membuktikan kiprahnya dalam pengembangan teknologi khususnya di bidang AR, VR dan AI dan teknologi interaktif lainnya. Dan kami sangat mendukung pengaplikasian teknologi-teknologi ini yang kami harap bisa memberikan pengalaman terbaik bagi para stakeholders kami”, pungkas Wahyuni Murtiani, Head of Corporate Communications Allianz Indonesia.

“Kerjasama dengan AR&Co dalam pembuatan permainan interaktif ini merupakan wujud prinsip kami dalam terus mengedepankan kolaborasi dalam menjalankan usaha kami. Kolaborasi menjadi hal strategis bagi Allianz dalam mencapai tujuan untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami berterima kasih atas kerja sama dan dukungan AR&Co terhadap Allianz Indonesia melalui inovasi teknologi yang mampu mewakili semangat kami dalam terus berinovasi,” ungkap Wahyuni.

Lebih lanjut Gupta menjelaskan, “Permainan interaktif yang dibangun AR&Co ini merupakan karya anak bangsa yang sekaligus membuktikan Indonesia mampu bersaing di kancah global dalam pengembangan teknologi interaktif. Tidak hanya untuk kebutuhan game and entertainment teknologi interaktif in juga dapat mendukung peningkatan produktivitas, efisiensi, dan kualitas produk dan layanan industri serta mampu menjadi element customer engagement yang impresif. Sejak 2009, AR&Co telah menyelesaikan ratusan proyek di Asia, Eropa & Afrika, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Myanmar, Vietnam, Brunei, Spanyol, Jerman & Nigeria. Tujuan kami adalah memberikan pengalaman yang immersif dan tak terlupakan dengan menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata.