Senin, 05 Desember 2022 - 21:38:53 WIB

Kasal : Komando Armada RI Elemen Utama Pertahanan di Laut

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 236 kali


Komando Armada RepubIik Indonesia selama pengabdiannya telah tumbuh dan berkembang serta menunjukkan jati diri sebagai elemen utama pertahanan negara di laut. Hal tersebut di tegaskan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya pada Peringatan Hari Armada RI, yang jatuh pada 5 Desember 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal didamping Ketua Umum Jalasenastri Ny, Vero Yudo Margono menghadiri acara syukuran peringatan Hari Armada RI di Mako Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI), Senin (05/12) di Gunung Sahari, Jakarta Pusat dengan melaksanakan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada perwakilan salah satu prajurit TNI AL.

Kasal mengatakan bahwa, peringatan Hari Armada tahun ini terasa lebih spesial karena bersamaan dengan peresmian dislokasi Koarmada I beserta sejumlah jajarannya. “Hal ini selaras dengan geografi Indonesia yang menuntut kehadiran kekuatan Armada RI di seluruh penjuru nusantara, khususnya di daerah-daerah strategis. Oleh karena itu, melalui pemindahan Mako Koarmada I dan satuan jajaran, akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan,” ungkap Laksamana TNI Yudo Margono.

Seperti yang telah diketahui, saat ini Koarmada I secara resmi telah berada di Tanjung Pinang, Guskamla Koarmada I yang sebelumnya di Batam kini berlokasi di Sabang, Guspurla Koarmada I yang sebelumnya di Jakarta kini berlokasi di Ranai untuk mengamankan Natuna, Lantamal IV yang sebelumnya di Tanjung Pinang kini berada di Batam, dan Lanal Batam saat ini berlokasi di Tanjung Uban. Pada hari yang sama, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Armada terpusat dan sekaligus meresmikan Mako Koarmada I di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.