Jumat, 02 Desember 2022 - 15:40:17 WIB

Siap Gelar Rakernas, ASPEBINDO Konsolidasi Pengusaha untuk Jaga Ketahanan Energi

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 495 kali


Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di The Dharmawangsa Hotel pada 19 Desember 2022. Melalui rakernas ASPEBINDO melakukan optimalisasi dan konsolidasi internal sebagai upaya untuk berperan aktif dalam kebijakan energi yang sedang ramai diperbincangkan.

Dalam kegiatan Pra-Rakernas ASPEBINDO yang digelar di Pribadi House (29/11/2022), Ketua Umum ASPEBINDO, Dr. Anggawira, MM, MH memberikan pengarahan kepada seluruh anggotanya untuk berperan aktif dalam memberikan masukan serta ide kreatif untuk kebijakan energi di Indonesia.

“Rakernas ini harus jadi momentum kita untuk semakin giat memberikan ide dan gagasan dari pelaku usaha untuk pemerintah, kita lihat sekarang kebijakan transisi energi sangat cepat dibahas, pelaku usaha jangan tinggal diam, kita ini aktor penting yang menentukan sukses tidaknya transisi energi,” kata Anggawira, Kamis (01/12/2022).

Misalnya dorongan untuk menghambat pembiayaan usaha batubara melalui klasifikasi merah dalam taksonomi hijau yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan, menurutnya kebijakan ini harus dikaji kembali agar bisa memanfaatkan momentum kenaikan harga batubara.

“Momentum kenaikan harga komoditas batubara masih sulit dimanfaatkan pelaku usaha dengan dukungan pendanaan yang kian tipis, padahal royalti dan kontribusi kita ke negara sudah ditingkatkan, harus ada solusi agar kita tidak kelewatan momen bisnis ini yang mungkin tidak bertahan lama,” jelas Anggawira.

Ia turut memberikan gambaran kondisi energi nasional di tahun selanjutnya dan tantangan dalam hilirisasi industri. Antara lain mengenai kalahnya gugatan Indonesia terhadap WTO mengenai ekspor nikel.

“Saat ini pemerintah mengajukan banding atas kekalahan saat menghadapi gugatan terkait setop ekspor nikel yang diajukan Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), ini komitmen serius pemerintah untuk meningkatkan nilai bahan baku mentah energi yang ada, pengusaha harus ambil peran jangan tinggal diam kita harus sambut dari bawah untuk memastikan hilirisasi mineral ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan energi Indonesia,” katanya.

Arahan dari ketua umum ASPEBINDO disambut baik oleh Ketua Pelaksana Rakernas ASPEBINDO, Fathul Nugroho, ia berkomitmen akan menghadirkan rakernas yang mampu mengkonsolidasikan pelaku usaha untuk merekomendasikan kebijakan yang tepat.

“Kita sudah memulai mempersiapkan rakernas beberapa waktu yang lalu. Melalui audiensi, dan konsolidasi dengan beberapa pihak serta berkomunikasi aktif dengan pengurus daerah kita siap melakukan konsolidasi secara nasional untuk menyusun program dan gagasan yang akan didorong ASPEBINDO berkaitan dengan ketahanan energi Indonesia,” kata Ketua Pelaksana Rakernas ASPEBINDO, Fathul Nugroho dalam kegiatan Pra Rakernas ASPEBINDO di Pribadi House, (29/11/2022).

Menurutnya konsolidasi internal ASPEBINDO mengerucutkan ketahanan energi kepada dua hal penting yakni kecukupan pasokan batubara dan mineral serta mendorong peningkatan investasi ke sektor-sektor energi strategis.

“Pasokan batubara dan mineral serta investasi akan menjadi catatan kami dalam rakernas kali ini untuk itu kita akan mengangkat tema Powering The Future: Energy at The Hearth of Mineral Supply And Investment Opportunities,” terang Fathul.

Fathul mengatakan nantinya Rakernas ASPEBINDO tidak hanya akan menyusun program yang akan dilakukan ASPEBINDO namun juga menjalin komunikasi dengan berbagai pihak eksternal yang berkepentingan dalam menjaga ketahanan energi Indonesia.

“Iya nanti rakernas tidak hanya untuk internal, kita juga adakan Indonesia Energy and Mineral Conference sebagai wadah diskusi dan menyusun rencana strategis bersama dalam dua topik utama yaitu mengenai ketahanan energi Indonesia saat ini, serta kesiapan pelaku usaha dalam transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan”, jelas Fathul.