Senin, 28 November 2022 - 18:21:18 WIB

Presiden Jokowi Ajukan Kasal Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI Gantikan Andika

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 279 kali


Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Hal itu disampaikan Puan usai menerima Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Panglima TNI dari Mensesneg Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut atau Kasal," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Dengan diterimanya surpres tersebut, Puan menyatakan, Yudo Margono akan menjalani proses dan mekanisme yang ada di DPR. Salah satunya fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang diperkirakan pada Rabu (30/12) mendatang.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022, tepat saat berusia 58 tahun.

Yudo Margono lahir pada 26 November 1965. Dia merupakan seorang perwira tinggi TNI-AL yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak 20 Mei 2020. Sebelumnya, Yudo menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I.

Yudo dilahirkan dan dibesarkan di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Yudo lahir dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai petani. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988. (BS)