Kamis, 02 Mei 2019 - 01:47:16 WIB

USS Blue Ridge (LCC-19) Kunjungi Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 276 kali


USS Blue Ridge (LCC-19) salah satu kapal perang Armada ke-7 Amerika Serikat (United States Seventh Fleet) melaksanakan kunjungan ke Indonesia dan bersandar di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (1/5). Hadir dalam upacara penyambutan, Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M.

Kedatangan kapal perang Amerika Serikat ini dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima Armada ke-7 Vice Admiral (VADM) Philip G. Sawyer, yang hadir saat USS Blue Ridge tiba di Jakarta.

“Indonesia dan Amerika Serikat telah memiliki hubungan diplomasi dan bersahabat sejak lama. Angkatan laut kedua negara sering melaksanakan latihan bersama, seperti  Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang digelar oleh TNI AL, maupun pada latihan The Rim of the Pacific Exercise (Rimpac) yang diselenggarakan oleh US Navy“, ungkap Panglima Armada ke-7 Amerika ini. 

Sebelumnya, Philip G. Sawyer telah melaksanakan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Mabesal Cilangkap, pada Selasa kemarin.

USS Blue Ridge (LCC-19) yang dikomandani Captain Eric J. Anduze, merupakan kapal perang jenis/tipe Blue Ridge Mountains. Sebuah Kapal Amfibi Pengendali dan Komando (An Amphibious Command and Control). LCC-19 memiliki panjang 193,2 meter, lebar 32.9 meter, draft 8.8 meter serta berat kapal 19,609 ton. 

Kapal ini Mampu melaju dengan kecepatan 23 knots dan seringkali membawa dua buah helikopter jenis Sikorsky Sh-60 Seahawk.  Kapal tersebut saat ini berpangkalan di Yokosuka, Jepang.  USS USS Blue Ridge rencananya akan berada di Indonesia hingga tanggal 5 Mei 2019 mendatang. 

Selama berada di Indonesia USS Blue Ridge akan melaksankaan berbagai kegiatan bersama dengan personel TNI AL antara lain, navy to information exchange, medical exchange sekaligus mengunjungi Rumah Sakit TNI AL dr. Mintohardjo Jakarta, cybersecurity afloat exchange, friendly sport match dan ship tour, hingga menggelar open ship bagi masyarakat umum.