Kamis, 25 April 2019 - 19:42:07 WIB

Berenang Dapat Mengobati Nyeri Punggung?

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 727 kali


Salah satu jenis olahraga yang dipercaya ampuh mengatasi gejala sakit punggung adalah berenang. 

Namun, seberapa aman berenang kalau punya sakit punggung?

Berenang menjadi salah satu pilihan olahraga terbaik untuk mengatasi nyeri kronis. Menurut sebuah studi di Jepang, orang-orang yang memiliki sakit punggung bawah kronis yang rutin berenang dua kali seminggu menunjukkan perbaikan gejala yang cukup besar dibandingkan mereka yang renang sekali seminggu atau tidak pernah berenang sama sekali. Penelitian lain dari Cina dan dari Amerika Serikat yang dimuat dalam American Journal of Lifestyle Medicine, juga mengatakan hal yang sama.

Berenang menjadi salah satu alternatif karena dengan berenang tidak memberatkan kerja persendian tubuh juga tidak menempatkan tekanan besar pada kaki, sehingga relatif lebih aman bagi individu yang rentan mengalami cedera. Di saat yang bersamaan, gerakan renang melatih kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, sementara aliran air bekerja “memijat” tubuh untuk menghilangkan stres pada semua persendian. Berenang juga dapat meningkatkan kekuatan otot yang menyangga tulang belakang dan area sekitarnya, karena banyak gaya renang memungkinkan tubuh mencapai rentang gerak yang lebih luas.

Namun jika dengan berenang nyeri punggung Anda tetap terasa sakit, segera lakukan pemeriksaan  dengan Dokter untuk mengetahui diagnosa dan cara menghilangkan nyerinya. (dr. Ibnu Benhadi, SpBS(K))