Rabu, 16 Januari 2019 - 06:44:47 WIB

KASAL : Nilai-nilai Kejuangan Harus Diwarisi Prajurit TNI Angkatan Laut

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 302 kali


Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., memimpin jalannya upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang mengangkat tema, "Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962", bertempat di Lapangan Apel Mabesal, Selasa, (15/01).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Asops Kasal menyampaikan antara lain, upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, pada hakikatnya merupakan bentuk penghormatan terhadap pahlawan bangsa,  sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Laut Arafuru pada 57 tahun silam.

"Pertempuran penuh semangat membela negara di Laut Arafuru telah memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap ksatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan NKRI", tegasnya.

Kasal menambahkan bahwa, nilai-nilai kejuangan tersebut harus diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi menjadi tantangan TNI Angkatan Laut sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia. " Saya percaya dan yakin bahwa sikap dan jiwa patriotisme prajurit matra laut akan terus tetap terjaga untuk mempertahankan tegaknya NKRI", harapnya.

Hadir dalam upacara memperingati Hari Dharma Samudera yaitu para Sahli Kasal, para Wakil Asisten Kasal, para Kadis jajaran Mabesal, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI AL.