Senin, 31 Desember 2018 - 10:57:36 WIB

"Banjir Durian" di Mekarsari, Legenda Durian Lokal Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 254 kali


Buah berduri yang satu ini selalu menjadi primadona disaat musim buah, siapa yang tidak kenal dengan buah beraroma khas yang satu ini ?. Ya buah durian (Durio zibetinus). Indonesia kaya akan beragam varietas durian, dimana 32 varietas durian sudah dikoleksi di Taman Buah Mekarsari.

Keberadaan buah durian lokal Indonesia yang berkualitas sudah semakin sulit untuk didapat, padahal banyak daerah di Indonesia sebagai penghasil durian lokal unggulan. Pengembangan atau budidaya durian lokal indonesia yang belum maksimal dan keberadaannya yang masih tersentral di daerah asalnya, menjadika durian lokal semakin sulit didapat. Secara deskripsi (nama, bentuk, warna, rasa) dan informasi lainnya dari durian lokal dapat kita akses, tetapi secara produk atau buahnya untuk dapat dinikmati masih agak sulit karena memang buah durian lokal yang unggul tidak cukup tersedia dipasaran dan kalaupun ada jumlahnya sangat terbatas, kalau tidak dikembangkan dengan baik keberadaan durian lokal Indonesia bisa tinggal legenda saja.

Sehubungan dengan itu, Taman Buah Mekarsari yang merupakan pusat pelestarian plasma nutfah tanaman buah tropis Nusantara terbesar di Asia, menjadikan program pelestarian durian lokal Indonesia sebagai salah satu program utamanya. Beberapa durian lokal yang dikembangkan di Taman Buah Mekarsari adalah varietas Tong Medaye yang berasal dari Desa Peresak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Tong Medaye adalah jenis Durian yang akan tumbuh baik di ketinggian 400-600 mdpl. Warna buah Durian Tong Medaye kuning kecoklatan dan memiliki duri kecil yang jarang.

Saat panen, dalam 1 tandan bisa menghasilkan 1-5 buah durian dengan bobot buah antara 1 - 1,1 kg. Sifat buah yang mudah dibelah ini memiliki warna daging buah kuning menyala dan ketebalan buah sedang ( 0,6 – 0,8 cm ). Daging buah Durian Tong Medaye bertekstur halus, lembut dan kering berlemak serta memiliki rasa yang manis.

Disamping Tong Medaye, varietas lain yang dikoleski di Taman Buah Mekarsari antara lain jenis Gula Gaet, Hepe, Gadung, Petruk, Lahung, Kura – Kura, Pelangi, Matahari dll. Durian Matahari dan durian Hepe merupakan durian lokal dari Bogor. Durian Matahari berasal dari daerah Rancamaya Bogor dan Hepe sendiri merupakan durian lokal dari Jonggol, wilayah Bogor yang tidak jauh dari Taman Buah Mekarsari.

Dibulan Desember 2018 dan Januari 2019 durian lokal koleksi Taman Buah Mekarsari memasuki masa panen, diantaranya durian Matahari yang merupakan durian lokal dari Bogor, durian Aden atau durian Bokor dari Majalengka, durian Lai dan beberapa koleksi durian lokal lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati durian lokal Indonesia bisa datang ke Taman Buah Mekarsari dalam program "Banjir Durian" dari tanggal 22 Desember 2018 - 6 Januari 2019.