Kamis, 27 Desember 2018 - 18:57:42 WIB

KASAL PimpinSertijab Komandan Korps Marinir

Penulis : Redaksi
Kategori: LIPUTAN EKSLUSIF - Dibaca: 377 kali


Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Korps Marinir dari Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) kepada Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (27/12).

Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)  merupakan Alumni AAL 34 tahun 1988. Jenderal Marinir Bintang Dua ini sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jabatan strategis lainnya yang pernah dijabat Perwira Tinggi Marinir ini antara lain  Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XI Merauke, Komandan Resimen AAL, Asrena Dankormar, Danbrigif-2 Marinir dan Komandan Detasemen Jalamangkara.

Kasal dalam amanatnya mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan suatu tonggak regenerasi kepemimpinan sebagai wujud kesinambungan organisasi sekaligus bentuk kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin kepada personel yang terpilih atas dedikasi, kapabilitas dan loyalitas selama berdinas di Angkatan Laut.

"Sebagai pemimpin kotama binaan TNI AL, Komandan Korps Marinir dituntut untuk memiliki kapabilitas, aksebilitas dan kompetensi untuk membina profesionalisme dan kesiapsiagaan prajurit, disamping itu Komandan Korps Marinir juga adalah " Chief Corps" yang bertanggung jawab  membina nilai-nilai luhur sejarah Korps Marinir", ujar Kasal.

“Sehubungan dengan hal tersebut, atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian  serta dedikasi kepada Mayor Jenderal TNI (Marinir) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han) yang telah melaksanakan tugas sebagai Komandan Korps Marinir dengan baik. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ibu Alike Bambang Suswantono atas pengabdian, dorongan semangat dan kesetiaan mendampingi suami, serta upaya-upaya bagi kemajuan organisasi Jalasenastri di lingkungan Korps Marinir,” kata Kasal.

“Saya ucapkan selamat atas jabatan yang baru kepada Mayor Jenderal TNI (Marinir) Suhartono, MTr.(Han) sebagai Komandan Korps Marinir. Jabatan ini merupakan kepercayaan, amanah dan kehormatan untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja jajaran Korps Marinir ke depan yang semakin kompleks. Demikian pula kepada Ibu Etta Suhartono, saya menaruh harapan besar kepada Ibu untuk memberikan dukungan penuh kepada suami dan menjadi Ibu bagi seluruh prajurit dan keluarga besar Korps Marinir”, tambah Kasal.

Upacara Sertijab digelar dengan melibatkan 3000 personel Marinir dengan latar belakang berbagai macam jenis material tempur yang dimiliki Korps Marinir antara lain Tank Amfibi BMP-3F, Kendaraan Angkut Pasukan dan Arteleri (Kapa)  61, Landing Vehicle Tank (LVT) -7, Kapa PTS, BTR-50 P (M/K), Roket Multi Laras (RM) 70 Grad, Roket Multi Laras (RM) 70 Vampire,  BVP-2, Meriam  How-105, Kendaraan Angkut Tank Tatra,  Sea Rider, Kendaraan Taktis (Rantis), serta Kendaraan Administrasi (Ranmin dan Kendaraan Khusus (Ransus).

Selain itu upacara sertijab diakhiri dengan atraksi terjun payung free fall, Serangan Kilat Denjaka, Defile Pasukan dan Defile Ranpur Korps Marinir serta acara Tradisi Marinir mewarnai Sertijab Komandan Korps Marinir yang ke-23 ini.

Turut hadir dalam upacara tersebut Menteri ESDM RI, Menteri Perhubungan RI, Wakil Ketua DPD RI, para anggota Dewan Pertimbangan Presiden, para anggota Komisi I DPR RI, Sekjen Kemhan, Kabakamla, Danjen TNI, Ketua Umum Jalasenastri, para Dankormar dari masa ke masa, para Pejabat Utama TNI AL, para Pemimpin Kotama TNI AL, para Perwira Tinggi di lingkungan TNI, para Atase Pertahanan Negara sahabat serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap PNS jajaran Korps Marinir.