Rabu, 05 Desember 2018 - 21:37:20 WIB

Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Bersama Masyarakat Hijaukan Lereng Gunung Lawu

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 173 kali


Anggota Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad bekerjasama dengan Koramil Tawangmangu dan masyarakat Desa Dlingo melaksanakan aksi penghijauan di lereng Gunung Lawu Desa Dlingo, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dengan menanam seribu bibit pohon dilereng Gunung Lawu tepatnya di Mongkrang yang sudah mulai gersang akibat kebakaran, Selasa (4/12/2018).

Mayor Inf Sujarwo yang mewakili Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian prajurit Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad terhadap lingkungan serta mencegah terjadinya bencana tanah longsor di daerah rawan bencana.

“Kegiatan penanaman bibit pohon diharapkan mampu mencegah bahaya erosi di daerah tersebut, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan karena dengan penghijauan ini adalah cara efektif mencegah terjadinya tanah longsor,”ujarnya.

Selain penanaman pohon dilereng Gunung Lawu juga dilaksanakan kerjabakti pembersihan parit dan pembersihan makam yang berada di sekitar Desa Dlinggo. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dan Pemda setempat, terbukti ratusan masyarakat, Ormas dan Pemda ikut dalam kegiatan gotong royong ini.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini antara lain anggota Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad, anggota Koramil Tawangmangu, anggota Polsek Tawangmangu, Perhutani, anggota Banser dan masyarakat Desa Dlingo.

Camat Tawangmangu Bapak Rusdiyanto S.Sos., M.Hum. menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad perlu kita apresiasi, hal ini menunjukkan bahwa kelestarian hutan tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja atau Perhutani tetapi juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat.