Rabu, 05 Desember 2018 - 20:27:27 WIB

Apakah Wanita di Usia Remaja Dapat Terkena Kanker Serviks ?

Penulis : Redaksi
Kategori: INFOTAINMENT - Dibaca: 334 kali


Kanker serviks ini disebabkan oleh virus HPV atau disebut juga Human papilloma Virus. Virus mematikan ini bisa menyebar melalui cairan maupun sentuhan kulit. Melakukan hubungan seks dengan pasangan yang berbeda-beda juga merupakan penyebab utama penyakit ini.

Tanpa disadari, banyak hal-hal yang kita anggap remeh ternyata bisa menyebabkan virus tersebut berkembang dengan ganas di dalam tubuh kita. Di saat usia remaja, biasanya terjadi perubahan hormon yang sangat drastis, atau bisa dibilang labil yang bisa berpengaruh pada pola makan.

Saat puber, nafsu makan remaja cenderung meningkat dan seringkali para remaja tidak memerhatikan makanan apa yang masuh ke dalam tubuhnya. Makanan yang mengandung banyak penyedap, zat pengawet maupun zat pewarna disinyalir bisa memudahkan virus hpv untuk masuk ke dalam tubuh. Karena makanan dengan bahan-bahan tidak sehat bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun dan memudahkan masuknya virus tersebut.

Selain makanan, faktor kebersihan juga menjadi salah satu penyebab kanker serviks. 7 dari 10 remaja tidak mencuci pakaian dalamnnya sendiri. Hal ini sangat mengkhawatirkan. Karena virus HPV bisa menyebar dari sekumpulan pakaian dalam yang dicuci ditempat atau wadah yang sama. Parahnya lagi, tidak ada tanda-tanda yang signifikan bila seseorang terkena kanker serviks. Pada waktu awal, gejala yang dialami sama dengan gejala flu biasa, badan panas, serta sakit sendi yang nantinya akan sembuh sendiri.