Kamis, 25 Oktober 2018 - 13:50:18 WIB

Pengobatan Konservatif (Non Operasi) pada Nyeri Tulang Belakang

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 210 kali


oleh DR. dr. M. Wawan Mulyawan, SpBS(K) - RSU Bunda Jakarta

Memahami berbagai penyebab keluhan tulang belakang dan saraf tulang belakang, seperti karena aktivitas sehari- hari yang kurang baik, kegemukan, salah posisi, kecelakaan yang mengenai tulang belakang, kelainan bawaan dari lahir, gangguan tulang belakang akibat infeksi dan tumor atau karena proses penuaan, menjadikan penanganan keluhan kasus tulang belakang baik pinggang maupun leher harus lebih efektif dan tepat. Keluhan yang sering dialami tulang belakang seperti mengalami nyeri sakit pinggang, nyeri punggung atau nyeri leher.

Nyeri pinggang yang menjalar ke kaki disebut sebagai keluhan nyeri akut jika di rasakan selama 4-6 minggu sedangkan keluhan nyeri kronis diderita lebih dari 6 minggu . Berbagai cara digunakan untuk mengatasi nyeri tulang belakang, mulai dari Pengobatan Konservatif (Non Operasi) pada Nyeri Tulang Belakang (obat-obatan minum dan fisioterapi), Pain Management (suntik/blok/neuroplasty), hingga terapi pembedahan.

Pengobatan awal, nyeri tulang belakang seperti nyeri pinggang maupun punggung biasanya diobati dengan “obat warung’ (over-the-counter), berupa obat penghilang rasa sakit dan perawatan rumah.

Jika “obat warung” tidak mengendalikan rasa sakit , langkah pengobatan awal yang sering dilakukan dengan fisioterapi /olahraga.

Sebagian orang melakukan istirahat untuk membantu pemulihan, tetapi sebagian orang tetap melakukan aktifitas karena sudah merasa pulih lebih cepat dengan mengalihkan perhatian dari rasa sakit disertai obat penghilang rasa sakit.

Olahraga teratur, seperti jalan kaki dan berenang, adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung. Kegiatan ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot punggung. Mengubah posisi tidur juga dapat mengurangi beberapa ketegangan dari punggung dan mengurangi rasa sakit, misalnya dengan memilih posisi tidur terlentang.

Jika nyeri tulang belakang yang mencakup nyeri pinggang sampai nyeri leher sudah diderita lebih dari enam minggu (dikenal sebagai nyeri punggung kronis), maka disarankan segera menghubungi dokter mengambil tindakan yang sesuai kondisi nyeri. Atau jika nyeri tulang belakang akut yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, juga segera konsultasikan ke dokter. Jadi Pengobatan Konservatif (Non Operasi) pada Nyeri Tulang Belakang biasanya dilakukan jika keluhan masih masih dalam waktu 4-6 minggu. Tetapi jika nyeri tidak hilang juga dan mengganggu aktifitas sehari-hari, mungkin tindakan pain management bahkan operasi akan diperlukan.