Rabu, 10 Oktober 2018 - 17:44:53 WIB

Satgas Yonif PR 432 Kostrad Adakan Trauma Healing Pengungsi Palu dan Donggala

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 176 kali


Satuan tugas Yonif Para Raider 432 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Divisi 3 Kostrad dibawah pimpinan Mayor Inf Gustiawan Ferdianto melaksanakan kegiatan Trauma Healing di RW II Kelurahan Duyu Kec. Palu Barat Palu Sulawesi Tengah. Selasa (9/10).

Kegiatan Trauma Healing bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Gorontalo dan bantuan logistik dari Bapak Emil Dani Prisma dan Sri Boga Group, hal ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi psikis korban bencana alam seperti sediakala terutama untuk anak-anak korban gempa dan tsunami.

Ketidakseimbangan kondisi psikologis tersebut terlihat dari gejala-gejala seperti syok, mimpi buruk, sulit konsentrasi, cemas, waspada secara berlebihan, dan perasaan tidak aman. Selain itu, bisa mengalami kesedihan mendalam, merasa hampa serta tak berdaya, dan enggan bergaul. Gejala psikis itu tak bisa dibiarkan berlarut-larut, harus dibantu supaya pulih kesehatan mentalnya dengan kegiatan Trauma Healing.

Dalam kesempatan tersebut Mayor Inf Gustiawan Ferdianto mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menghibur dan mengedukasi dan mengembalikan kondisi psikis anak-anak korban gempa dan tsunami dengan cara memberikan mereka berbagai aktivitas, diantaranya menggambar dan bernyanyi serta mengajak bermain bersama.

“Diharapkan dengan kegiatan Trauma Healing ini, rasa trauma yang ditimbulkan akibat bencana gempa dan tsunami ini secara perlahan-lahan akan hilang”, tutur Danyonif Para Raider 432.