Jumat, 05 Oktober 2018 - 12:35:43 WIB

Bersama Toffin, Buka "Kedai Kopi" Jadi Lebih Mudah

Penulis : Redaksi
Kategori: INFOTAINMENT - Dibaca: 269 kali


"Kedai Kopi", apapun istilah kerennya, kini menjadi tempat hangout favorit generasi milenial, termasuk di Indonesia. Di Kedai Kopi bukan saja bisa menikmati cita rasa kopi dengan beragam varian, sambil "ngobrol" berbagai topik, namun juga mulai menjadi jendela meningkatkan networking.

Semakin besarnya animo masyarakat dalam kurun waktu terakhir, membuat Kedai Kopi mulai menjadi salah satu pilihan bisnis prospektif untuk dikelola secara lebih modern dan profesional, terutama di kota-kota besar, dengan menggunakan mesin-mesin kopi terbaik.

Menangkap peluang ini, Toffin - penyedia equipment bisnis kopi - telah membuka showroom mewah di kawasan Pluit, Jakarta, yang akan memudahkan masyarakat, bisnisman, untuk melihat ataupun mendapatkan mesin-mesin kopi terbaik yang ada saat ini.

"Kami ada tiga brand yang sudah sangat terkenal : Victori Arduino, Nuova Simonelli dan VBM, dengan berbagai varian nya. Masyarakat bisa melihat semuanya disini", kata CEO Toffin Indonesia, Tony Arifin saat ditemui di showroom Toffin, Pluit, Jakarta, Kamis (4/10).

Menurut Tony, demand/ market mesin kopi sendiri di Indonesia cukup besar dan terus berkembang. Saat ini sekitar 3 ribu unit per tahun, dimana Toffin menguasai hingga 80 persen market share.

"Karena kebetulan brand yang kami pegang adalah brand yang paling populer. Dan di Indonesia brand yang paling populer itu Nuova Simonelli, karena dia punya varian produk yang luas, jadi bisa masuk ke semua ukuran Cafe", jelasnya.

Tony mengakui semua mesin kopi di Toffin memang produk impor dari Italy. Karena itu sangat rentan terhadap fluktuasi mata uang asing terhadap rupiah. Namun demikian ia menegaskan, hal itu tidak serta merta membuat harga mesin kopi juga berfluktuasi. "Ya memang terpengaruh. Tapi kami tetap menjaga harga mesin kopi tetap stabil", ujar Tony sambil menyebutkan kisaran harga tetap mulai dari Rp 20 juta - Rp 250 juta. "Untuk segmen market yang berbeda", sambungnya.

Untuk menambah kepuasan pelanggan, lanjut Tony, selain menyediakan mesin-mesin kopi berkualitas, maka Toffin juga dapat memberikan konsultasi bisnis bagi masyarakat yang tertarik membuka Kedai Kopi.

"Kami juga memberi konsultasi bisnis untuk yang mau buka Cafe. Meskipun mungkin awalnya mereka tidak tahu tentang kopi dan industri Cafe, kami bisa bantu mulai dari memilih biji kopi yang baik, menggunakan mesin untuk menghasilkan berbagai varian kopi mirip cafe-cafe ternama, pelatihan pengembangan menu bagi barista, hingga memilih mesin kopi yang sesuai kebutuhan", paparnya.

Tony menuturkan, Toffin yang sudah berdiri sejak tahun 2007, saat ini sudah memiliki kantor cabang hampir di semua kota besar di Indonesia, dimana setiap kantor cabang tidak hanya menjual produk, namun juga memiliki team tehnisi handal yang selalu siap membantu, dengan spare part yang selalu tersedia.

"Jadi untuk after salesnya, costumer tidak perlu worries bila membeli mesin kopi di Toffin. Dalam 1-2 jam tehnisi kami siap membantu, mengatasi bila ada masalah", pungkas Tony. (bud/pur)