Minggu, 23 September 2018 - 11:56:36 WIB

PGRI : Sudah Saatnya Unindra Punya Lab. School

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 359 kali


Tak dapat dipungkuri, perkembangan Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) selama 14 tahun berkiprah membangun bangsa dalam bidang pendidikan, memang sangat signifikan. Dari hanya mendidik 4 ribuan mahasiswa, kini Unindra sudah dipercaya mendidik hingga 36 ribu mahasiswa. Dari prasarana gedung seadanya, kini memiliki 7 unit gedung bertingkat.

Dalam prestasi pendidikan, tahun 2017 lalu bahkan Unindra berhasil menyabet juara 2 Calculus tingkat nasional. Selain itu di tahun yang sama, pendidikan Fisika Unindra juga mampu mengukir prestasi menjadi juara Nasional yang ke 3, sekaligus juara pertama untuk media pembelajaran Fisika. Unindra juga sudah mengantongi Akreditasi Institusi dengan Grade B.

"(Dengan kemajuan yang pesat itu) sudah saatnya Unindra memiliki Lab. School bagi pengembangan para mahasiswanya", kata Ketua PGRI Prov. DKI Jakarta, Prof. Dr. H. Agus Suradika M.Pd. dalam sambutannya saat Wisuda Ke-63 Unindra di Sasono Utomo TMII, Jakarta, Sabtu (22/9).

Suradika menuturkan, ada dua sekolah yang sudah siap jadi Lab. School nya PGRI, yaitu SMAN 24 dan SMP PGRI 30.

"Ini nanti kita tawarkan agar dua sekolah berkolaborasi, menjadi Lab. School, menjadi laboratorium bagi Unindra", ujarnya.

Sebelumnya dikesempatan yang sama, Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto menegaskan, meski telah mengalami kemajuan pesat, namun Unindra akan terus berupaya meningkatkan kualitas/ mutu pembelajaran sehingga output lulusan akan semakin baik.

Dalam bidang SDM, Unindra terus secara bertahap meningkatkan kualifikasi dosen melalui program beasiswa dosen, yang akan memberangkatkan 45 dosen setiap tahunnya untuk menempuh program S3. "Saat ini kita sedang menyekolahkan kurang lebih 117 dosen yang sedang S3. Ini berlanjut pada tahun-tahun berikutnya karena kami sudah memprogramkan beasiswa mandiri Perguruan Tinggi. Setiap tahun 45 orang", ungkapnya.

"Selain meningkatkan kualifikasi dosen, juga sarana prasarana terus dikembangkan, sesuai anggaran yang tersedia. Kita sedang memproses IMB pembangunan 2 unit gedung lagi. Sudah ada 7 unit. Akan kita bangun 2 unit lagi", lanjut Sumaryoto.

Tak lupa kepada 1.315 wisudawan (1.155 lulusan program S-1 dan 150 lulusan program S-2) yang secara khidmat mengikuti prosesi jalannya wisuda, Sumaryoto menitipkan tiga mutiara hidup. "Pertama, jangan selalu berfikir tentang hak. Yang harus diutamakan adalah melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Maka prestasinya pasti akan baik juga. Kedua, biasakan kita memberi lebih dari yang diminta/ diharapkan. Dan ketiga, selalu mudahkan urusan orang lain. Insyaallah segala urusan kita juga akan dimudahkan", pungkas Sumaryoto. (Bud)