Kamis, 13 September 2018 - 21:18:48 WIB

TNI AL Berhasil Tangkap Speed Boat Penyelundup Miras

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 214 kali


TNI AL dalam hal in ini Tim Fleet First Quick Responce (F1QR) Gabungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang dan Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) berhasil menangkap speed boat yang bermuatan minuman beralkohol (Mikol) di sekitar Sungai Kampar yang melintas dari Jurong Singapura. Kejadian tersebut berlangsung pada 12 September 2018 pukul 23.50 WIB.

Penangkapan tersebut terjadi berkat adanya informasi intelijen yang di terima Tim F1QR bahwa di posisi tersebut sering dipergunakan para penyeludup yang menggunakan speed boat berkecepatan tinggi membawa barang ilegal diantaranya minuman beralkohol. Berdasarkan informasi tersebut Tim F1QR segera melakukan penyekatan untuk menangkap speed boat tersebut, dimana sebelumnya selama satu minggu Tim F1QR telah melaksanakan pengintaian.

Akhirnya pada Rabu 12 September sekitar pukul 22.30 WIB Tim F1QR mendengar suara speed boat bermesin besar mendekat ke Tanjung Penyalai. Selanjutnya Tim F1QR segera melakukan pengejaran terhadap speed boat tersebut yang mengarah ke Sungai Kampar, pengejaran dilakukan selama 30 menit, kemudian secara tiba-tiba dari lambung kanan Tim F1QR, muncul speed boat dengan kecepatan tinggi berupaya menabrak tim TNI AL. Tim F1QR mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak 3 kali untuk menghentikan laju speed boat tersebut namun target berputar kearah depan dan berbelok kembali ke arah belakang menimbulkan gelombang yang membahayakan Tim F1QR. Selanjutnya demi keselamatan Tim F1QR akhirnya mengeluarkan tembakan ke arah mesin speed boat, karena telah membahayakan keselamatan Tim F1QR dan upaya itu berhasil menghentikan speed boat tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, diketahui speed boat bermesin 200 PK sebanyak 5 buah mengangkut 200 kotak Mikol dengan 10 orang anak buah kapal, dari 10 orang tersebut ditemukan dua orang mengalami luka tembak. Kemudian Tim F1QR segera membawa 2 orang yang mengalami luka tembak ke IGD Puskesmas Tanjung Batu. Setelah dilakukan perawatan 1 orang anak buah kapal dinyatakan meninggal dunia oleh Puskesmas Tanjung Batu dan 1 orang lagi dirujuk ke RSBT Timah Karimun.

Sampai dengan berita ini diturunkan, seluruh anak buah kapal (ABK) speed boat tanpa nama, beserta 200 kotak Mikol diamankan di Lanal Tanjung Balai Karimun guna proses pemeriksaan lebih lanjut.