Kamis, 13 September 2018 - 06:19:06 WIB

Membatik, Membuka Peluang Wirausaha dengan Pelatihan Ecoprint dan Shibori

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 296 kali


Dengan keterampilan membatik dapat membuka peluang lapangan kerja dibidang wirausaha dengan pelatihan keterampilan Ecoprint dan Shibori. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji saat membuka acara pelatihan keterampilan membatik tahun 2018 yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 12 sampai dengan 13 September 2018, bertempat di Kantor Pengurus Pusat Jalasenastri, Jalan Tabah Raya, Komplek TNI AL, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (12/09).

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Diswatpersal) dalam hal ini Balurjalbar dengan Pengurus Pusat Jalasenastri sebagai bentuk program Ketum Jalasenastri dalam rangka mempersiapkan personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya termasuk Ibu-ibu Jalasenastri sehingga memiliki kemampuan membatik, membuka usaha pekerjaan dan bisa meneruskan pelatihan ini kepada organisasi Jalasenastri di Kotama TNI AL dan Satuan masing-masing.

Dalam sambutannya Ketum Jalasenastri menjelaskan bahwa, Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain yang menggunakan bahan alami, bisa dilakukan dirumah dan dapat menghasilkan barang yang unik, sedangkan Shibori merupakan kesenian daro Jepang dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna dan beberapa bagian kain "dilindungi" agar tidak terkena pewarna sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan dilindungi.

"Teknik pembuatan Shibori perlindungan pada kain dapat dilakukan dengan cara melipat, melilit dan mengikat kain kemudian mencelupkannya pada pewarna, bahan yang digunakan pada pengikat kain tersebut akan menahan pewarna, sehingga kain dibawahnya tidak akan merubah warna, dengan adanya metode seperti ini tidak ada batasan pola yang akan diciptakan sehingga menjadikan kain Shibori yang sangat unik dari yang lain", ungkap Ketum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Pada kegiatan pelatihan keterampilan membatik tersebut menghadirkan tiga instrukstur yaitu Ibu Dr. Ir. Retno Keksi Wulandari, M.Si., Ibu Dra. Alphita Arundati Margono, Ibu Surani Wahyu Jatmiko, S.Psi., Psi.

Turur hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Umum (Waketum) Jalasenastri Ny. Ina Taufiqoerrahman, Pengurus Inti Pusat Jalasenastri, Ibu Dewi Nyoman Mandra, Waaspers Kasal, Kabalurjalbar beserta Istri, Kabalurjaltim beserta Istri serta serta Ketua Daerah, Ketua Gabungan, Ketua Cabang BS dan Ketua Korcab yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Jakarta.