Senin, 10 September 2018 - 20:13:21 WIB

Ketahanan Pangan Di Yonif Para Raider 502 Kostrad

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 234 kali


Menindak lanjuti program ketahanan pangan yang dicanangkan TNI AD, hal ini tentu menjadi semangat tersendiri bagi Batalyon Infanteri Para Raider 502 Kostrad melalui kegiatan pertanian di pangkalan dengan metode hidroponik yang memiliki arti budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dalam pemenuhan nutrisi tanaman.

Program Green House dengan sistem tanam hidroponik. Adapun media yang digunakan adalah peralon,busa dan air nutrisi dengan menggunakan 2 buah toren air besar sehingga air mengalir secara terus menerus pada tanaman Hidroponik.

Menurut Danyonif Para Raider 502 Kostrad pelaksanaan pembuatan tanaman hidroponik dilakukan oleh anggota yang telah mendapatkan pembekalan dari Dinas Pertanian Kota Malang yang telah membagikan pengalamannya kepada anggota Yonif Para Raider 502 Kostrad. Jenis tanaman yang ditanami berupa sayuran sawi, selada dan cabai. Proses penanaman sangat mudah bila dibandingkan dengan penanaman dilahan tanah.

“Setelah bibit dipindahkan ke media busa yang ada di dalam paralon, kemudian air yang telah diisi nutrisi dialirkan secara terus-menerus maka dalam waktu kurang lebih 3 Minggu sayuran sudah dapat dipanen. Pada proses penyemaian ditangani oleh 1 orang tiap-tiap Kompi untuk perawatan sehari-hari,” tutur Danyonif Para Raider 502 Kostrad.

Warga Yonif Para Raider 502 Kostrad memanen sayuran hidroponik di Green House kebun Kipan C yang hasilnya dibagikan kepada seluruh warga Yonif Para Raider 502 Kostrad.