Rabu, 29 Agustus 2018 - 17:18:18 WIB

Tingkatkan Kualifikasi Dosen, Unindra Targetkan Akreditasi A Dalam 5 Tahun Kedepan

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 461 kali


Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Prof. Dr. H Sumaryoto mentargetkan kampus yang dipimpinnya mampu meningkatkan Akreditasi Institusi dari B menjadi A dalam 5 tahun kedepan. Untuk meraih target tersebut Unindra telah menyiapkan program peningkatan kualifikasi dosen serta sarana prasarana pendidikan.

Hal tersebut ditegaskan Sumaryoto saat Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) program pascasarjana (S2) Unindra, di Balai Komando Kopassus Cijantung, Jakarta, Rabu (29/8).

"Tahun Akademik 2018-2019 ini diawali dengan status Perguruan Tinggi Unindra yang sudah terakreditasi dengan Grade B. Ini hadiah ulang tahun ke-14 Unindra. Ini juga mengandung konsekuensi bahwa kedepan, sesuai visi-misi Unindra untuk menjadi Excelence Teaching University, kita harus bekerja keras dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dosen dan tenaga kependidikan", kata Sumaryoto.

Sumaryoto menuturkan, dalam draft perubahan Undang-undang tentang guru dan dosen dikatakan, selambat-lambatnya dalam 10 tahun kedepan, seluruh dosen di Perguruan Tinggi harus mencapai kualifikasi Doktor. "Jadi kalo bukan Doktor dianggap tidak memenuhi syarat mengajar di Perguruan Tinggi. Ini tantangan berat untuk Unindra", ujarnya.

Untuk itu, lanjut Sumaryoto, Unindra telah mengambil kesepakatan, mulai Tahun Akademik 2018-2019 akan memulai program beasiswa Unindra untuk para dosen dalam rangka study lanjut ke program S3.

Disamping itu, dalam hal sarana prasarana, Unindra telah memulai pembangunan 2 unit gedung baru. Saat ini sudah ada 7 unit, sehingga dengan total 9 unit, akan sangat memenuhi standar akademik yang ditentukan terhadap kebutuhan sarana prasarana belajar mengajar bagi 38 ribu lebih mahasiswa.

"Maka insyaallah, sangat terbuka untuk 5 tahun kedepan, selambat-lambatnya, kita bisa berupaya meningkatkan status akreditasi kita dengan Grade A. Ini harapan kita bersama", pungkas Sumaryoto. (bud)