Jumat, 17 Agustus 2018 - 08:07:08 WIB

Kuliah Kerja Lapangan Keamanan Laut Pasis Dikreg Seskoal ke Bakamla dan Satgas IIUF 115

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 162 kali


Sebanyak 135 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-56 TP. 2018 melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Keamanan Laut di Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat Kamis (16/08)

Kedatangan para Pasis disambut oleh Deputi Inhuker Bakamla Irjen Pol Dr. Abdul Gofur, Drs., M.H. Turut serta mendampingi dalam kegiatan tersebut Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Prio Budie Leksono, S.E., M.M., Kepala departemen Operasi (Kadepops) Seskoal Kolonel Laut (P) Gunardi, M.Si (Han), Komandan Korps Siswa (DanKorsis) Seskoal Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, para dosen dan Patun Seskoal.

Acara diawali dengan sesi foto bersama di Tugu Proklamasi, yang diikuti pula oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H. beserta para pejabat Bakamla lainnya. Dilanjutkan dengan presentasi tentang Peran Bakamla RI saat ini dan kedepan dalam rangka pengamanan maritim oleh Direktur Litbang Bakamla Kombes Pol Drs. E. Brata Mandala, diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Pada kesempatan itu, Komandan Seskoal Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirdik Seskoal mengatakan, bertitik tolak dari tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Melalui Kuliah Kerja Kamla ke Badan Keamanan Laut RI Kita Tingkatkan Sinergitas Guna Mendukung Penegakan Hukum di Laut Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan NKRI” maka harapannya agar perwira siswa mampu mengetahui dan memahami serta menjelaskan dan mengaplikasikan tentang prosedur patrol atau operasi kamla melalui operasi kamla mandiri dan atau operasi kamla terpadu dengan seluruh komponen kekuatan laut lain di Indonesia.

Usai melaksanakan kunjungan ke Bakamla RI, para Pasis melanjutkan kuliah kerja lapangan keamanan laut ke Satgas IIUF (Satuan Tugas Illegal, Unreported and Unregulated Fishing) 115 yang berada di gedung Mina Bahari 1 Lantai 6 kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Di kantor Satgas IIUF 115, rombongan diterima oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan Dan Perikanan Ir. Wilanto Prabowo, M.Sc., serta turut hadir Laksdya (Purn) Widodo dan Laksdya (Purn) Maaruf Samsudin (Staf Khusus Kementerian Kelautan Dan Perikanan).