Jumat, 20 Juli 2018 - 21:04:46 WIB

Danlantamal V Surabaya Pimpin Sertijab Danlanal Denpasar dan Kadiskum Lantamal V

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 197 kali


Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Lantamal V menggantikan Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, SE. Serah terima jabatan (sertijab) tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., Jumat (20/7) di Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali.

Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko sebelumnya menjabat sebagai Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) di Armada II, sedangkan Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, S.E., selanjutnya akan ditugaskan menjadi Kepala Staf Gugus Tempur Laut Koarmada III.

Dalam sambutannya Danlatamal V menyampaikan Serah terima Jabatan dalam suatu organisasi merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang perwira untuk mengembangkan karier serta mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik. Dengan serah terima jabatan ini, diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatakan kualitas kinerja, baik bagi oragnisasi maupun personel yang bersangkutan.

Lebih jauh Danlantamal V Laksamana TNI Edwin S.H., seusai pelantikan mengatakan kepada awak media yang hadir, bahwa tingkat variatif kerawanan keamanan laut di Bali perlu terus diwaspadai. Karena seperti diketahui, Bali adalah destinasi pariwisata dunia, yang mana, menjadi pintu masuk orang yang akan datang ke Indonesia, khususnya Bali.

Hal ini tentunya perlu diantisipasi dalam tugas kedepan. Selain itu, Bali yang berada dekat dengan perlintasan kapal-kapal yang cukup besar, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi tidakan-tindakan yang ilegal. “Bali bisa juga dijadikan sebagai batu loncatan, seperti aksi penyelundupan baby lobster yang sempat digagalkan pihak Lanal Denpasar,” ungkapnya saat ditemui disela serah Terima Jabatan, Danlanal Denpasar.

Ke depan, kata Danlantamal V, banyak rangkaian kegiatan akan digelar, salah satunya IMF-WB Annual Meeting. Untuk itu, pihaknya akan tetap siaga melakukan pengamanan dari sisi laut. “Laut harus dijaga, karena disini adalah pulau, area terdekatnya adalah Laut. Untuk itu laut disekitanya harus dijaga keamanannya", ujarnya.

Dalam hal ini, pihaknya akan melibatkan unsur KRI dibawah koordinatornya Danlanal Denpasar dan dibantu juga oleh gugus tugas yang dibentuk TNI AL. Pihaknya akan menggelar unsur-unsur baik itu unsur KRI, unsul pesawat udara untuk patroli dan unsur pasukan kusus yang melaksanakan pengamanan di titik-titik yang akan diprioritas pada tingkat pengamanannya.

Hadir dalam acara sertijab Komandan Lanal Denpasar diantaranya Gubernur Bali yang diwakili oleh Sekda Provinsi Bali, Danrem 163/Wsa, Danlanud Ngurah Rai, Kapolresta Denpasar, Dansat Brimob Polda Bali, Para Sahli Kodam IX/Udayana, Para Asisten Kodam IX/Udayana, Para Asisten Danlantamal V, Dirpolair Polda Bali, Walikota Denpasar, Kabinda Provinsi Bali, Ka Bea Cukai Denpasar, Ka Imigrasi Benoa, Ka DPP ATLI Bali, Ketua BMKG Wilayah III Denpasar serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu seusai pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Lanal Denpasar digedung serbaguna IGP. Dwinda Lanal Denpasar dilaksanakan serah terima jabatan Kadiskum Lantamal V dari Letkol Laut (KH) Ida Kade Sadnyana., S.H., M.H. diserahterimakan kepada Letkol Laut (KH) Totok Sumarsono, S.H., M.H., M. Tr. Hanla yang dipimpin langsung oleh Danlantamal V.