Selasa, 17 Juli 2018 - 12:00:26 WIB

Pengabdian Masyarakat, 500 Mahasiswa Resmi Berangkat KKN dari UBL

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 383 kali


Raja- Sebanyak 500 lebih mahasiswa dari berbagai universitas swasta yang ada di DKI Jakarta resmi diberangkatkan untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, ke beberapa daerah di Indonesia.

Pelepasan dilakukan oleh Rektor Universitad Budi Luhur (UBL) Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto dan Koordinator Kopertis Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, MS. dari lapangan UBL, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (17/7).

"Mereka akan menuju Karawang, Banten dan beberapa wilayah (46 titik) di DKI Jakarta", kata Rektor UBL Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto disela-sela pelepasan mahasiswa KKN.

Didik menjelaskan, berbeda dengan KKN sebelumnya, peserta KKN kali ini mengemban tugas khusus yakni "Citarum Harum".

"Ini amanah Presiden RI, bahwa Citarum kotor. Maka dalam spesial KKN ini ada satu kelompok yang isinya 60 mahasiswa yang kita terjunkan tanggal 19 untuk langsung di sektor 19 daerah Karawang. Banyak sekali permasalahan disana. Yang paling banyak adalah sampah di sungai. 60 mahasiswa ini bukan membersihkan sungai tapi mengedukasi/ memberdayakan masyarakat di sekitar pinggir sungai", paparnya.

Didit memberi contoh, program jambanisasi, karena rata-rata masyarakat pinggir sungai tidak mempunyai jamban. "Mereka langsung buang ke sungai. Itu mengotori. Karena itu kita lakukan jambanisasi. Kemudian program kesehatan. Ada PTS yang bidang kepakaran kesehatan, itu kita rangkul. Kepakarannya itu kita terapkan untuk memotivasi masyarakat dari sisi kesehatannya. PTS yang kepakarannya bidang hukum ya kita angkat untuk mensosialisasi bidang-bidang yang berkaitan dengan hukum. Itu akan kita gotong royong, bareng-bareng", jelasnya.

Didit yakin dengan terus menerus mengedukasi masyarakat, "Citarum Harum" ini akan dapat terwujud. "Sebelumnya UBL sudah pernah dengan kegiatan "Merajut Nusantara" di Belitung Timur. Pengalaman ini bisa kita terapkan disini", tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator Kopertis Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, MS. menyatakan sangat mengapresiasi inisiatif "Citarum Harum" oleh UBL. Menurutnya, menjadi inisiator memang tidak mudah, karena tidak ada referensi/ sukses story yang bisa dilihat sebelumnya.

"Besok tanggal 19 Budi Luhur akan menjadi inisiator bagi Citarum Harum yang direncanakan 7 tahun, mudah-mudahan bisa selamanya. Mudah-mudahan yang 60 orang ini dapat terbimbing, terarah sehingga nanti kegiatan-kegiatannya mengarah kepada Citarum lebih bersih, Citarum lebih sehat, penduduknya lebih sejahtera, dan yang paling penting penduduknya disiplin tidak membuang sampah sembarangan, terutama juga dapat menyadarkan kepada industriawan disana untuk tidak membuang limbah langsung ke Citarum", katanya.

Illah Sailah berharap, melalui KKN Tematik kali ini, para mahasiswa juga dapat terdorong dan menjadi calon pemimpin bangsa yang lebih menghargai, bertanggung jawab dan merawat bumi.

"Ini harus disadarkan kepada mahasiswa kita. Mudah-mudahan mahasiswa nanti pulang lebih cinta kepada tanah air dan bersikap serta berperilaku kepemimpinan bagi masa depan yang lebih baik", pungkas Illah Sailah. (bud/pur)