Kamis, 12 Juli 2018 - 09:53:13 WIB

Kapushidrosal : "Hidrografi Kunci Gerbang Perekonomian dan Ujung Tombak Pertahanan Laut Indonesia"

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 380 kali


Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., memberi kuliah umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, di Bandung.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal memaparkan tentang Implementasi sinergi teknologi hidro-oseanografi dan sistem informasi geospasial kelautan guna mendorong penguatan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrograf Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia.

Di hadapan para perwira siswa dengan pangkat Kolonel dari tiga angkatan dan Polri ini, Kapushidrosal menjelaskan tentang Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional yang mempunyai tugas pokok, meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum serta menyiapkan dan dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Berkaitan dengan tugas tersebut, Pushidrosal berkewajiban menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta Laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun elektronik (Electronic Navigational Chart/ENC) maupun publikasi nautika lainnya, yang dipergunakan sebagai panduan bagi pengguna laut untuk bernavigasi.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pushidrosal yang juga juga Indonesian Chief Hydrographer ini, dalam rangka mendukung optimalisasi perencanaan serta pengelolaan potensi kelautan untuk kepentingan pembangunan nasional khususnya dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Pushidrosal telah mengembangkan implementasi berbagai teknologi survei dan pemetaan terkini guna lebih meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi.

Salah satu implementasi teknologi yang dikembangkan saat ini adalah Indonesian Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI). Dengan pertimbangan bahwa MSDI juga merupakan bagian dari komponen nasional dan berupa spatial data infrastructure yang menyediakan data dan informasi hidrografi yang termutakhir, akurat serta modern.

Di akhir penyampaian materinya, Kapushidrosal menekankan pentingnya hidrografi bagi pembangunan nasional Indonesia. Menurutnya Hidrografi tidak hanya sekedar peta laut. Hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu Negara.