Rabu, 11 Juli 2018 - 15:54:25 WIB

Pangkoarmada II Pimpin Sertijab Danlantamal XIII dan Dansatkopaska

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 165 kali


Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., memimpin jalannya upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal XIII Tarakan dan Komandan Satuan Komando Satuan Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada II yang berlangsung di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Rabu (11/07/2018).

Sertijab Danlantamal XIII Tarakan yang semula dijabat oleh Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta yang merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 32 tahun 1987 nantinya akan melanjutkan pengabdiannya di TNI Angkatan Laut sebagai Staf Khusus Kasal. Sedangkan Danlantamal XIII Tarakan selanjutnya adalah Kolonel Laut (P) Judijanto, S.T., alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 36 tahun 1990 yang sebelumnya menjabat sebagai Kapusjianmar Seskoal, akan dipromosikan sebagai Perwira Tinggi berbintang satu.

Selain itu, jabatan Dansatkopaska Koarmada II diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko Alumni AAL Angkatan 41 tahun 1995 yang nantinya akan menjabat sebagai Komandan Lanal Denpasar, kepada Kolonel Laut (T) Ariyadi, S.E. lulusan AAL Angkatan 43 tahun 1997 yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdislidpers Dispamal.

Pangkoarmada II dalam amanatnya menyampaikan, dengan adanya serah terima jabatan diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja, baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut merupakan komando pelaksana dukungan dan merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), memiliki tugas untuk menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi dan dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut yang melaksanakan operasi di wilayah kerjanya.

Terkait dengan tugas Koarmada II ke depan yang semakin berat dan kompleks dihadapkan dengan berbagai tantangan, dibutuhkan kinerja organisasi yang mampu merespon dan mengantisipasi setiap perkembangan yang terjadi. Dalam kapasitas ini Satkopaska Koarmada II yang memiliki tugas untuk melaksanakan peperangan laut khusus (Naval Special Warfare) dituntut untuk memiliki profesionalisme sejalan dengan kemajuan perkembangan keadaan.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada II atas nama seluruh jajaran Koarmada II mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi Laksma TNI Sigit Setiyanta selama menjabat sebagai Danlantamal XIII Tarakan dan Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko selama menjabat sebagai Dansatkopaska Koarmada II. “Hal ini perlu saya sampaikan sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja saudara dan sebagai motivasi bagi Pejabat baru untuk berkarya”, ungkap Pangkoarmada II.

Semasa kepemimpinan Laksma TNI Sigit Setiyanta, Lantamal XIII Tarakan telah berhasil menggagalkan penyelundupan minuman keras KLM Cahaya Tarakan sebanyak 14.000 botol dari Tawau Malaysia, menggagalkan Balpres KLM Baliem Jaya sebanyak 300 bal dari Malaysia, “Semua ini merupakan prestasi yang membanggakan disamping peningkatan kinerja organisasi lainnya”, kata Pangkoarmada II.

Sedangkan Satkopaska Koarmada II semasa kepemimpinan Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Satkopaska Koarmada II berhasil menjadi juara umum dalam kejuaraan daerah selam TA. 2017 dan TA. 2018, juara umum lomba triatlon HUT Kopassus dan piala Panglima TNI tahun 2017 di Ambon, juara umum triathlon di Bengkulu, Palembang, dan Jepara tahun 2018, serta turut berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan MNEK 2018.

Hadir pada acara tersebut, Komandan Lantamal V, VII, VIII, Danguspurla Koarmada II, Danguskamla Koarmada II, Koorsahli Pangkoarmada II, Para Asisten Pangkoarmada II, Para Komandan Satuan, Para Kasatker Koarmada II, serta Para Komandan Unsur jajaran Koarmada II.