Senin, 07 Mei 2018 - 03:12:30 WIB

Wisuda Ke-61 Unindra, Rektor Paparkan Prestasi dan Capaian Terbaru

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 504 kali


Raja- Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Prof. Dr. Sumaryoto menegaskan, antara biaya pendidikan dan prestasi akademik tidak selalu berbanding lurus. Hal ini senantiasa disampaikannya dalam berbagai kesempatan.

"Dengan SPP termurah / terjangkau, kita juga bisa berbuat banyak. Buktinya pada bulan Februari lalu, program pendidikan Fisika mampu mengukir prestasi. Menjadi juara Nasional yang ke 3, sekaligus juara pertama untuk media pembelajaran Fisika. Kalau September yang lalu pada tahun 2017 adalah Matematika juara kedua (2) Calculus tingkat nasional, hanya dibawah ITB : kalau Fisika hanya dibawah Brawijaya dan UIN Batu Sangkar. Ini suatu bukti bahwa mahasiswa Unindra juga bukan sembarangan", kata Sumaryoto dalam sambutannya saat Wisuda Ke-61 Unindra Semester Gasal 2017/2018 di TMII, Jakarta, Sabtu (5/5).

"Proses belajar mengajar juga kita laksanakan bertanggung jawab. Indikatornya jelas. Dengan prestasi menjadi juara nasional, yang kita berada paling tidak 5 besar Perguruan Tinggi di Indonesia. Ini suatu prestasi yang luar biasa untuk ukuran Unindra", lanjut Sumaryoto.

Sumaryoto menuturkan, capaian prestasi bagi kampus yang baru berusia 14 tahun ini tentunya juga karena ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai.

"Walaupun kita sudah punya 7 unit gedung yang tersebar di dua kampus ( A dan B ), tapi kita masih terus membangun. Akan dibangun segera Unit 8 sebanyak 6 lantai. Ini sedang proses pengurusan IMB. Paling tidak nanti kita akan menambah 40 lokal untuk menambahkan fasilitas belajar mengajar. Di gedung unit 3 juga akan ditingkatkan untuk menambahkan ruang Laboratorium. Paling tidak ada 8 kelas nanti ditambah untuk keperluan Laboratorium. Ini suatu bukti bahwa dengan keterbatasan, Unindra tetap memenuhi kebutuhan dan ketentuan tentang standar sarana dan prasarana", paparnya.

Dibidang Akademik, lanjut Sumaryoto, Unindra sudah mulai melaksanakan SNPT (Standar Nasional Perguruan Tinggi), yang telah ditetapkan mulai akhir Desember 2017 yang lalu

"Semua SOP yang diperlukan sudah kita tetapkan dan sekarang sudah kita mulai sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan dalam SNPT. Dan kita juga sedang menunggu akreditasi Perguruan Tinggi. Kita sedang menunggu visitasi yang pada prinsipnya adalah mencocokan data dengan fakta ", ujarnya.

Selama kurun waktu wisuda yang lalu dengan wisuda yang sekarang, Unindra juga sudah meningkatkan akreditasi untuk program studi Desain Komunikasi Visual dari grade B menjadi grade A. "Ini suatu indikasi bahwa Unindra tetap konsisten dan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kualitas akademik dan proses belajar mengajar walaupun masih banyak keterbatasan yang kita hadapi", imbuh Sumaryoto.

Sementara untuk masalah dosen, Unindra sudah merampungkan, semua dosen Unindra sudah minimal S2 dan sekarang sudah proses meningkatkan kualifikasi pendidikan S2 menjadi S3.

"Penelitian kita untuk dosen-dosen juga sudah mendapat jenjang Madya. Ini sangat baik untuk ukuran Unindra yang baru berdiri 14 tahun, tepatnya pada 6 September 2018 nanti", ucap Sumaryoto.

Hal senada disampaikan Sri Mastuti M.Kom, Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Ketenagaan Kopertis Wilayah III yang memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Unindra yang dapat melaksanakan proses pembelajaran dan proses perkuliahan dengan biaya terjangkau namun dengan prestasi yang sangat gemilang.

"Selamat atas capaian yang sudah diraih. Sangat membanggakan. Juga penelitian yang sudah mencapai tahapan Madya. Memang tahapan ini sulit diraih, apalagi untuk Universitas yang baru berumur 14 tahun", ujarnya.

Tak lupa Sri juga berpesan kepada wisudawan agar terus mengembangkan diri, bekerja, berkarya mengamalkan ilmu dan kompetensi yang diperoleh di kampus untuk kepentingan masyarakat luas. "Jadilah terang ditempat gelap, dan jadilah harapan bukan hanya berharap", pungkas Sri.

Pada Wisuda Ke-61 Unindra Semester Gasal 2017/2018 ini Unindra mewisuda sebanyak 1.288 wisudawan yang terdiri dari 505 program S1 dan 783 program S2 / Magister. (bud)