Selasa, 24 April 2018 - 19:41:02 WIB

Sebut Sebagai Terobosan, Presiden Resmikan Keramba Jaring Apung

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 199 kali


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (24/4).

Presiden menuturkan, Keramba Jaring Apung Offshore ini merupakan terobosan pertama di Indonesia. "Ini kita harapkan menjadi cikal bakal berlipat gandanya nilai tambah dari budi daya perikanan Indonesia", tegas Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengingatkan bahwa 2/3 negara Indonesia adalah air, 70 persen negara Indonesia adalah air, ini yang harus diingat.

"Dan di sini, tadi Ibu Menteri KKP juga sudah menyampaikan bahwa KUD-KUD yang ada di sini nanti dilibatkan dalam keramba jaring apung offshore. Saya tadi diberitahu bahwa keramba jaring apung ini melibatkan KUD nelayan sebanyak 50 orang yang memasok pakan sebagai pakan tambahan", tutur Kepala Negara.

Total jumlah orang yang terlibat langsung dalam keramba jaring apung offshore ini, tambah Presiden, antara 215 sampai 250 orang. "Yang tidak langsung, yang terlibat kurang lebih 220 orang. Ini baru satu yang dibangun di sini, nanti akan dikembangkan 2 lagi. Yang 2 juga sudah dikerjakan di Sabang dan di Karimun Jawa", tambah Presiden. (set)