Jumat, 16 Maret 2018 - 16:57:42 WIB

Komandan Seskoal Buka Seminar Forum Strategi I

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 211 kali


Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc secara resmi membuka Seminar Forum Strategi I Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-56 TP 2018 di Kelas A Gedung RE. Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (16/03). Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis palu sidang dari Komandan Seskoal kepada Mayor Laut (P) Bambang Purnomo selaku Ketua Seminar Forum Strategi I.

Rangkaian Seminar Forum Strategi pada hakikatnya adalah suatu kegiatan yang menggambarkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan negara di laut dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan tersebut memiliki dua tujuan yaitu tujuan edukatif yakni untuk meningkatkan pengetahuan profesional para Perwira TNI AL dalam masalah Keangkatanlautan dan Maritim dan yang kedua adalah tujuan analitik yakni mendapatkan informasi yang relevan dengan situasi dan kondisi yang diperkirakan akan terjadi dalam konteks pembangunan dan penggunaan kekuatan TNI AL.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc mengatakan bahwa kegiatan Forum Strategi dibagi kedalam empat forum seminar yang disusun secara berurutan dan mempunyai keterkaitan erat yang mencerminkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan laut dalam jangka waktu tertentu.

Forum Strategi I akan melatih Pasis melaksanakan analisi ancaman dan pilihan strategi. Sedangkan Forum Strategi II, atau lebih dikenal dengan kuliah kerja, memfokuskan pembahasan pada lingkungan dan verivikasi apakah pilihan strategi I dapat didukung oleh sumber daya nasional yang ada. Forum Strategi III, fokus pada postur TNI AL berikut perkiraan resiko. dan yang ke IV, fokus mengenai pengerahan dan penyebaran kekuatan TNI.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa jati diri TNI dituntut untuk dapat bertindak secara profesional, untuk itu melalui kegiatan Forum Strategi ini hendaklah dapat dimanfaatkan oleh Pasis sebagai media berolah pikir dalam mengaktualisasikan kemampuan akademik melalui teori yang telah dipelajari tanpa harus terikat oleh kebijakan pemerintah yang saat ini sedang berjalan, karena kegiatan ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran terhadap calon pimpinan TNI dimasa mendatang. "Diharapkan Forum Strategi ini menghasilkan makalah seminar dengan hasil yang maksimal", ujar Danseskoal.