Jumat, 02 Maret 2018 - 07:30:15 WIB

Kembalikan Kejayaan Kopi Nasional, Dekopi Gelar Expo Kopi Nusantara

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 318 kali


Raja- Luas tanam kebun kopi di Indonesia diperkirakan mencapai 1 juta hektar, terluas di dunia. Namun hasil produksinya masih lebih rendah dibandingkan Brazil yang lahan kopi nya hanya 600 ribu hektar, dan bahkan kalah dari Vietnam yang lahan kopi nya hanya 400 ribu hektar.

"Ini salah satu tantangan bagi kami (Dewan Kopi Indonesia/ Dekopi) untuk mengangkat kembali pamor komoditas kopi nasional agar menjadi nomor satu di dunia", kata calon Ketua Umum Dekopi Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS usai press conference "Pameran Kopi Nusantara Dalam Rangka Pencanangan Hari Kopi Nasional Indonesia dan Ikrar Dewan Kopi Indonesia" di DMC Coffee Serpong, Tangerang, Kamis (1/3).

Katena itulah, kata Anton, Dewan Kopi Indonesia, yang baru dideklarasikan di Yogyakarta beberapa waktu lalu, akan menyelenggarakan Pameran dan Expo Kopi Nusantara 2018 pada 11 Maret 2018, di lntermark Convention Hall, Serpong, sekaligus penetapkan tanggal 11 Maret sebagai Hari Kopi Nasional.

Melalui Pameran dan Expo yang akan diikuti para stakeholder kopi di tanah air ini, Anton berharap, selain akan dapat menetapkan kembali branding kopi Indonesia menjadi nomor satu di dunia, juga mampu menggairahkan kembali semangat kesejahteraan dalam komoditas kopi nasional.

"Kita juga mau gairahkan semangat kesejahteraan. Kita mau agar kopi membawa kesejahteraan kepada para pelaku usahanya baik petani, pedagang maupun industri kopi", paparnya.

"Pameran Expo dan penetapan Hari Kopi Nasional ini akan menjadi penanda kebangkitan kopi nasional", tegas Anton.

Untuk mensukseskan Pameran Kopi Nusantara dan Penetapan Hari Kopi Nasional ini, Dekopi mengajak para pihak baik dari pemerintah maupun pelaku usaha mulai dari petani kopi, industri kopi, industri alat/mesin, pedagang, eksportir, kaie-kafe dan kedai kopi, lembaga pendidikan/pelatihan, penelitian dan lainnya, untuk berpartisipasi pada Pameran dan Ekspo Kopi Nusantara 2018 di lntermark Convention Hall, BSD, Serpong, 11 Maret 2018.

"Masih terbuka bagi para pengusaha kopi untuk ikut terlibat. Kita mau galang semua stakehokder kopi. Dan pada saat Hari Kopi Nasional kita ajak kedai-kedai kopi memberi potongan harga khusus. Itu akan jadi penanda kebangkitan kopi nasional", pungkas mantan Menteri Pertanian era Kabinet Bersatu, Anton Apriyantono. (bud/pur)