Rabu, 28 Februari 2018 - 10:09:26 WIB

Menperin Resmikan Pabrik Fiber Optik Terbesar di Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 265 kali


Raja- Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto membuka secara resmi beroperasinya pabrik kabel fiber optik terbesar di Indonesia milik PT Yangtze Optics Indonesia (YOI) di Kawasan Suryacipta Industrial Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/2).

PT Yangtze Optics Indonesia (YOI) adalah perusahaan joint venture di Indonesia antara YOFC (HK.06869) dan partner Iokal PT FOTI dengan struktur kepemilikan 70%:30%, serta total investasi lebih dari US$ 22 juta atau sekitar Rp 300 miliar.

YOFC (Yangtze Optical Fibre and Cable) saat ini adalah penyuplai nomor satu di sektor Optical Preform, Optical Fiber, dan Optical Cable di dunia. PT FOTI, Fiber Optik Teknologi Indonesia, adalah perusahaan Iokal yang memiliki misi untuk meningkatkan dan memajukan industri optik berbasis teknologi di Indonesia.

"Saya bangga akhirnya fiber optic bisa diprodiksi di Indonesia. Kita punya Banyak industri nasional yang butuh kabel fiber optic. Saat ini kebutuhan kabel optik sekitar 9 juta km/ tahun", kata Airlangga dalam sambutannya.

PT YOI sebagai perusahaan manufaktur kabel optik saat ini memiliki kapasitas produksi dua juta kilometer fiber, yang membuatnya sebagai perusahaan kabel optik terbesar di Indonesia. Bersama PT YOFI, (Yangtze Optical Fiber Indonesia) untuk memproduksi Optical Fibre (Core) di Indonesia, dimana dengan diresmikannya pabrik YOI, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang fasilitas produksi fiber optik dan kabel optiknya terintegrasi dengan investasi total US$ 50 juta atau sekitar Rp 680 miliar.

"Kami berharap dengan investasi dan dukungan dari pemerintah Indonesia serta para partner, kami bisa berkontribusi dalam rencana pemerintah Indonesia untuk memajukan teknologi broadband dan infrastruktur telekomunikasi. Juga kami ingin turut memajukan industri telekomunikasi dengan dukungan komponen Iokal Iangsung dari Indonesia", ujar Chen Huixiong, CEO PT Yangtze Optics Indonesia (YOI).