Selasa, 27 Februari 2018 - 04:32:03 WIB

Pangarmatim Terima Brevet Kehormatan Manusia Katak

Penulis : Redaksi
Kategori: LIPUTAN EKSLUSIF - Dibaca: 227 kali


Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima Brevet Kehormatan Manusia Katak yang disematkan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., di Mako Satkopaska Koarmabar, Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (26/2/2018).

Brevet kehormatan manusia katak yang diberikan kepada Pangarmatim ini, adalah sebagai bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI Angkatan Laut atas peran serta Komando Armada RI Kawasan Timur dalam hal ini Pangarmatim sebagai pembina kemampuan dan pengguna kekuatan Kopaska TNI Angkatan Laut, serta sebagai penghargaan atas dharma bhakti dan sumbangsih dalam rangka perkembangan dan kemajuan Kopaska TNI Angkatan Laut.

Pada kesempatan tersebut Brevet Kehormatan Manusia Katak juga disematkan kepada Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Wakil Kepala Badan Inteljen Negara Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana.

Kasal dihadapan wartawan usai penyematan brevet "Frogman" menyampaikan bahwa, penyematan brevet kehormatan manusia katak kepada ketiga perwira tinggi TNI Angkatan Laut ini karena para perwira tersebut dinilai berperan besar dalam kemajuan Kopaska TNI Angkatan Laut. Penyematan Brevet manusia katak ini tidak bisa diberikan secara sembarangan, karena harus melalui beberapa mekanisme dan prosedur yang berlaku.

"Penyematan brevet dilaksanakan setelah melewati beberapa tahap seperti Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) di kapal sasaran yang berada di Pondok Dayung," pungkas Kasal.

Selain penyematan Brevet, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga ditampilkan beberapa kemampuan individu Pasukan Katak dan pameran alutsista tempur yang dimiliki Satuan Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq. R, para Asisten Kasal, Pangarmabar, Dansatkopaska Koarmatim, Dansatkopaska Koarmabar, para sesepuh Kopaska TNI AL, serta undangan lainnya.