Minggu, 11 Februari 2018 - 20:11:48 WIB

David Darmawan, "Bekasi Jaman Now itu Inklusif, BUKAN Hedonisme"

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 448 kali


Raja- Budayawan Betawi yang juga Ketua Umum Betawi Bangkit, David Darmawan sangat prihatin dengan hasil kegiatan "Bekasi Jaman Now" yang digelar oleh Pemkot Bekasi di kawasan Boulevard Summarecon, Bekasi, Minggu (11/2).

Pasalnya, konsep "Bekasi Jaman Now" yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-21 Kota Bekasi itu terkesan sangat eksklusif dan tidak merakyat, dimana seni budaya setempat (budaya Betawi) seolah terpinggirkan dan hanya menjadi pelengkap.

"Bagi saya, Bekasi Jaman Now itu harusnya inklusif (
31/1/18, 3:13:20 PM: Kintan Daai TV: https://youtu.be/9nGY_o_qh2s). Melibatkan semua pihak. Melibatkan rakyat dengan budaya setempatnya. Dari kita, oleh kita, untuk kita. Jadi harusnya budaya Betawi mewarnai seluruh kegiatan ini", kata David usai menyaksikan "Bekasi Jaman Now" di kawasan Summarecon Bekasi.

Menurut David, apa yang disaksikannya pada Minggu (11/2) pagi itu tak lebih dari bazar dan hura-hura ditengah kegiatan car free day yang setiap Minggu pagi dilaksanakan.

"Padahal inikan seharusnya pesta rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat untuk seluruh masyarakat Bekasi. Jadi bukan cuma konsumerisme dan hedonisme begitu", tandasnya.

David sangat menyayangkan bila masyarakat hanya disuguhkan budaya konsumerisme dan hedonisme. Menurut dia, seharusnya Pemkot Bekasi bisa berkolaborasi dengan budayawan Betawi, menggali akar budaya setempat (Betawi) dengan kearifan-kearifan lokalnya, demi memfilter masyarakat dari dampak negatif modernisme.

"Supaya kita kagak lupa diri.....ke Mangga Besar kongkow-kongkow. Jangan lupa lewat Pasar Pagi. Kalau mau ngerti apa yang kita mau buat Bekasi, Bekasi Jaman Now yang tidak lupa diri", tutup David berpantun. (bud)