Rabu, 07 Februari 2018 - 02:11:41 WIB

Pangarmabar Paparkan Operasi Pengamanan Perairan Wilbar di Kemenko Maritim

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 192 kali


Raja- Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., memaparkan Operasi Pengamanan Perairan Indonesia Wilayah Barat pada acara rapat koordinasi bidang kemaritiman yang dipimpin oleh Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Maritim Bapak Arif Havas Oegroseno bertempat di Kantor Kemenko Maritim Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Dalam kesempatan tersebut, Pangarmabar memaparkan beberapa hal yaitu situasi keamanan maritim wilayah barat diantaranya keberhasilan yang telah dicapai oleh Koarmabar pada tahun 2017, aktivitas kapal militer asing di wilayah perairan barat dan kekuatan yang dimiliki oleh Koarmabar.

Selanjutnya Pangarmabar menyampaikan dua ide/gagasan untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia yaitu dibentuknya Indonesia Maritime Informasi Center (IMIC) dimana hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab Indonesia sebagai negara pantai serta gagasan dalam membuat Alur Pelayaran Tol Laut (APTL) dengan tujuan menjamin keamanan dan keselamatan bagi para pengguna laut di kawasan Indonesia. Pada akhir paparannya, Pangarmabar menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dari gagasan tersebut adalah terjalinnya sinergitas antar Kementerian dan lembaga.

Acara Rakor Bidang kemaritiman tersebut dihadiri oleh beberapa kementerian dan lembaga diantaranya Kementerian PAN RB, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Polairud, Bakamla, Bea Cukai, KPLP, PSDKP dan BPPT. Sementara dari Angkatan Laut hadir Pangarmatim, Kapushidrosal, Kadisopslatal serta perwakilan dari Mabes TNI yaitu Waasops Panglima TNI.