Senin, 29 Januari 2018 - 21:21:49 WIB

AQUA dan TP-PKK Pusat Kolaborasi Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 230 kali


Raja- Danone-AQUA bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat menggelar program pelatihan "Ibu Sehat, Keluarga Sehat". Program tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan para Ibu Indonesia agar meningkatkan pengetahuan dan tanggap bagi keluarganya.

Program pelatihan akan berpusat pada edukasi kesehatan dan keamanan air minum berikut konsep nutrisi dan hidrasi sehat untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Selain itu, pelatihan lain seperti manajemen keuangan, diskusi kesehatan dengan para ahli kesehatan, dan olah raga bersama juga disediakan untuk menambah keterampilan para Ibu untuk keluarganya.

Pelatihan "Ibu Sehat, Keluarga Sehat", akan diadakan secara bertahap di 34 provinsi, diawali dengan 10 provinsi sebagai fokus awal di tahun 2018. Program ini diharapkan dapat menjangkau sebanyak lebih dari 8 juta Ibu PKK di seluruh Indonesia pada 2018-2020. Kader PKK terbaik juga akan ditentukan pada Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) pada setiap bulan Maret.

"Banyak dari kita yang belum menyadari pentingnya peran Ibu dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga maupun lingkungannya. Oleh sebab itu, sebagai anggota dan perpanjangan tangan PKK untuk mencapai target SDGs, kami melihat adanya kebutuhan untuk membekali para Ibu dengan edukasi dan keterampilan yang tepat. Dengan adanya kolaborasi strategis bersama Danone-AQUA, kami semakin optimis untuk dapat membantu keluarga Indonesia menjadi semakin sehat", kata Ketua Umum TP-PKK, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Senin (29/1).

Menggunakan metode Trainer of Trainers (ToT), selama tiga tahun kedepan, para kader perwakilan masing-masing provinsi akan mengikuti pembekalan khusus yang diharapkan dapat diturunkan ke para kader melalui Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di daerah masing-masing.

"Kami berterima kasih kepada TP-PKK Pusat yang mau bersama-sama untuk meningkatkan peran para ibu untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat. Kami menyadari potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh para Ibu di Indonesia dan kami percaya melalui kolaborasi ini, para Ibu Indonesia dapat semakin bijaksana dalam mengambil keputusan, terutama untuk kesehatan keluarganya. Karena dibalik keluarga yang sehat, pasti ada Ibu yang sehat yang memiliki pengetahuan mengenai kesehatan keluarga. Hal inilah yang ingin kami komunikasikan kepada para Ibu, karena Ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan keluarga yang sehat dan sejahtera", kata Vera Galuh Ukraina, Vice President General Secretary Danone Indonesia.

"Kami harap dengan adanya kerja sama ini, Danone-AQUA dan PKK tidak hanya membantu menciptakan Indonesia Sehat, sesuai dengan program kerja Departemen Kesehatan Republik Indonesia, namun juga dapat memberikan kontribusi langsung dalam pencapaian SDGs di tahun 2030", tutup Vera. (bp)