Selasa, 23 Januari 2018 - 08:46:46 WIB

Ketua ISLA Unhas Ajak Mahasiswa Kelautan Kembangkan Bisnis Maritim

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 220 kali


Raja- Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA Unhas), Darwis Ismail mengajak mahasiswa ilmu dan teknologi kelautan se-Indonesia untuk mengembangkan bisnis bidang maritim.

"Indonesia punya potensi kelautan dan perikanan yang sangat luar biasa. Sudah saatnya mahasiswa kelautan untuk melirik bisnis bidang kemaritiman", kata Darwis dalam Simposium Kelautan Nasional Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himitekindo) di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Senin (21/1/2018).

Menurutnya, bisnis sektor maritim di Indonesia belum dikembangkan secara maksimal dan masih banyak dikuasai oleh asing. Untuk itu dia meminta mahasiswa untuk melirik potensi prospek bidang maritim yakni pariwisata bahari, perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi, pertambangan dan energi, transportasi laut, industri dan jasa maritim, pembangunan pulau-pulau kecil dan sumber daya non-konvensional.

“Untuk menjadi pebisnis handal, mahasiswa harus punya komitmen untuk berkembang, mengembangkan networking, banyak belajar di organisasi salah satunya adalah himitekindo. Selanjutya anda tinggal meramu dan menyusun strategi", papar Darwis.

Namun, Darwis meminta Himitekindo untuk mengawal sejumlah permasalahan yang menghambat pengembangan bisnis sektor maritim. Sehingga akan mempermudah mahasiswa kelautan kedepannya.

"Berbagai penghambat diantaranya adalah sumberdaya manusia yang belum mampu bersaing, sistem finansia di Indonesia belum berpihak ke bidang kelautan dan perikanan, teknologi, sudut pandang tentang laut dan infrastuktur yang memadai", jelasnya. (bs)