Jumat, 12 Januari 2018 - 15:43:20 WIB

Multistrada Resmikan Penyalaan Daya Listrik Tegangan Tinggi 30 MVA

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 258 kali


Raja- Kamis (9/11) secara resmi PT Multistrada Arah Sarana TBK (MSA) bekerjasama dengan Perushaaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Penyalaan Daya Listrik Tegangan Tinggi 30 MVA di Kawasan Pabrik Cikarang.

Dalam peresmian yang dihadiri oleh Pieter Tanuri selaku Presiden Direktur MSA dan juga Amir Rosidin selaku Direktur Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) akan menjadi simbolis resminya penyambungan daya listrik tegangan tinggi untuk kebutuhan listrik di kawasan industri pabrik MSA.

Penambahan daya listrik ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kenaikan produksi pembuatan ban untuk mencukupi permintaan pasar baik pasar dalam negeri maupun yang export ke luar negeri. Sehingga untuk menunjang kebutuhan tersebut perlu adanya peningkatan tegangan, dari dari Tegangan Menengah ke Tegangan Tinggi.

Henryanto Komala selaku Vice President Director MSA menyampaikan dalam diskusi bersama PLN "Sebagai produsen ban yang memiliki angka penjualan yang terus tumbuh, sampai saat ini produk dari MSA telah di export ke lebih dari 100 negara dengan perbandingan sebanyak 70% memang di export maka ini adalah kompetisi kelas dunia. Melalui kesempatan ini kami sangat senang mendapatkan tambahan sutet baru karena ini akan berpengaruh pada optimalitas produktivitas kami agar menjadi lebih efisien",

Menjawab pernyataan dari pihak MSA, Iwan Purwana selaku General Manager PLN Distribusi Jawa Barat menyampaikan, "Melalui keberhasilan energize Gardu Induk (GI) Multistrada yang tepat waktu, maka secara teknis PLN telah siap memasok listrik bagi kebutuhan MSA. Selain itu, energizing ini membuktikan kepada calon-calon investor yang lain bahwa PLN mampu menyalurkan tenaga listrik bagi pengembangan pabriknya di Indonesia dengan tingkat mutu layanan sebagaimana yang diharapkan", tegasnya.

Sebagai informasi, GI MSA akan mendapat pasokan listrik dari GI Sukatani melalui jaringan transmisi tegangan tinggi 150 kV. Pembangunan Gardu Induk MSA ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasokan tenaga listrik ke PT Multistrada Arah Sarana sebesar 30 MVA dan dilakukan dalam satu tahap. Dengan menjadi pelanggan tegangan tinggi 150 kV diharapkan kualitas supplai listrik baik dari kualitas daya maupun kesetabilan suplai menjadi semakin baik sehingga dapat menaikan produktivitas MSA.

MSA, melalui penambahan daya tegangan listrik ini mengharapkan akan meningkatkan produktivitas produksi dan meningkatkan daya saing dengan supplai listrik yang konstant. Peningkatan produktivitas ini diharapkan memberikan kontribusi MSA terhadap pendapatan devisa Negara Indonesia melalui peningakatan export.