Kamis, 16 November 2017 - 09:10:58 WIB

Kenali Lebih Dalam Kanker Organ Reproduksi Wanita

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 193 kali


Raja- Cancer Information & Support Center (CISC) bekerjasama dengan RS Hermina Bekasi Barat mengadakan seminar edukasi kesehatan “Kenali Kanker pada Organ Reproduksi Wanita” yang dibuka oleh Wali Kota Bekasi Dr. H Rahmat Effendi dan dihadiri oleh sekitar 200 peserta.

Seminar yang diselenggarakan oleh CISC GYNCA yang merupakan kelompok khusus pasien kanker kandungan yang tergabung dalam organisasi CISC tersebut ditujukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker pada wanita khususnya kanker serviks dan sekitar kandungan.

Setiap 2 menit seorang perempuan terdiagnosa menderita kanker sekitar kandungan. Kanker serviks menduduki peringkat kedua kanker pada wanita yang paling umum ditemukan di dunia. Dan peringkat ketujuh untuk kanker sekitar kandungan lainnya.

Pada 2014 lalu, lebih dari 92 ribu perempuan Indonesia juga meninggal karena kanker dengan 10,3 persen di antaranya karena kanker serviks.

Salah satu pendorong tingginya angka-angka tersebut, adalah karena tidak adanya proses pemantauan sejak dini dan kurangnya edukasi pada masyarakat. Peran Media sangat diharapkan disini sebagai ujung tombak penyampaian informasi kesehatan yang benar khususnya kanker pada masyarakat.

Pola Hidup Sehat dan deteksi dini kanker sangat penting dilakukan, karena dengan melakukan dua hal tersebut sudah bisa mengurangi lebih dari 43% timbulnya kanker.

Dr. Toto Imam Soeparmono SpOG,K.Onk, ahli kanker kandungan dari Rumah Sakit Hermina Bekasi/RSPAD Gatot Soebroto, sekaligus anggota kehormatan Cancer Information and Support Center (CISC) yang tampil sebagai narasumber pada seminar edukasi ini menjelaskan bahwa kanker pada organ reproduksi wanita merupakan jenis kanker yang tumbuh di dalam organ kandungan. Disamping itu dijelaskan pula tentang kanker payudara, sebab payudara juga merupakan organ reproduksi.

Deteksi Dini, mengenali gejala, faktor resiko dan bagaimana pencegahannya serta tahap- tahap pengobatan kanker kandungan dijelaskan dengan gamblang oleh Pembicara.

Menjaga kebersihan organ reproduksi dan menghindari faktor resiko a.l. hindari pergaulan sex bebas sangat ditekankan dalam seminar tersebut.

Setiap perempuan memiliki organ reproduksi, sering kali kanker tumbuh dan berkembang tanpa dirasakan gejalanya, terkadang juga pasien malu dan enggan untuk berkonsultasi ke dokter, sehingga umumnya ditemukan ketika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Oleh karena itu, setiap perempuan dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan organ reproduksinya, melakukan deteksi dini dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur. Semakin cepat kanker terdeteksi dan ditangani, semakin besar pula peluang pasien bertahan hidup.