Kamis, 16 November 2017 - 08:44:06 WIB

Sumaryoto, "Jaman Berubah, Penuh Tantangan. Jadikan Iman Suluh Hidup"

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 251 kali


Raja- Rektor Universitas Indrarasta PGRI Prof. Dr. Sumaryoto mengajak seluruh alumni Unindra untuk tidak berpuas diri dengan gelar yang telah diraih, melainkan harus terus mengembangkan potensi yang dimilikinya demi kemaslahatan umat manusia.

"Gelar sarjana dan magister. Itu suatu kebanggaan. Juga tantangan. Saudara, akan terjun di masyarakat,  mengabdikan ilmunya. (saat ini) Disana sudah menunggu hal-hal yang kurang menggembirakan", kata Sumaryoto dalam wejangannya saat Wisuda ke-60 Unindra di TMII, Jakarta, Rabu (15/11).

Sumatyoto menuturkan, kemajuan ilmu, teknologi dan globalisasi pada satu sisi mulai mengancam dunia kerja. Kpmputerisasi di sektor industri misalnya, telah menyebabkan berkurangnya penggunaan tenaga manusia.

"Program globalisasi, komputerisasi, sudah mengancam dunia kerja. Banyak tenaga manual diganti dengan komputer. Seperti sudah kita saksikan sendiri, jalan tol sekarang (bahkan) tidak perlu lagi penunggu gardu, yang ada adalah dengan menggunakan uang elektronik. Dan ini akan merambah ke berbagai macam kegiatan (sektor)", paparnya.

Namun demikian, Sumaryoto mengingatkan, ditengah tantangan berat dunia kerja tersebut, sikap optimisme dan kerja keras harus terus ditumbuhkan. Hal tersebut menurutnya, bisa dilakukan dengan berteguh pada iman kepada Yang Maha Kuasa.

"Tapi saudara tidak usah khawatir. Tuhan sudah punya catatan buat rencana. Yang penting pegang teguh ajaran agama masing-masing. Disitu saudara akan merasa nyaman dan optimis menghadapi hidup yang sekarang kita hadapi. Kenapa ? Kita ini hanya pelaku dalam kegiatan. Hanya berkehendak, beriman. Tapi Tuhan Yang Maha Kuasa yang menentukan segala-galanya. Maka tetaplah konsisten dengan ajaran agama, maka insyaallah akan selalu nikmat, nyaman dunia akhirat", kata Sumaryoto memberi nasihat.

Senada dengan Sumaryoto, diikesempatan yang sama, Sekertaris Pelaksana Kopertis Wilayah III, Putut Pujogiri MM juga mengingatkan kepada calon wisudawan Unindra untuk terus mengembangkan diri, berkarya, mengamalkan ilmu yang diperoleh di kampus untuk kepentingan masyarakat luas.

"Jadilah manusia dengan tangan di atas yang mengolah semua potensi diri untuk memakmurkan bumi dengan berkah potensi alamnya yang kaya. Siapkan diri untuk mengjadapi perkembangan iptek dan tantangan dunia. Serta jadilah pemilik usaha yang dapat menghidupi ratusan bahkan ribuan orang, yang memerdekakan sesama", ajak Putut.

Putut menambahkan, "Jaman akan terus berubah. Usaha yang maju kedepan adalah usaha yang mampu bersaing, menghasilkan produk tercepat, inovatif, lebih baik dan termurah. Sementara ketidakpastian politik dan budaya akan saudara hadapi. Maka jangan pernah menyerah", pungkas Putut.

Wisuda ke-60 Unindra semester genap tahun 2016-2017 ini diikuti sebanyak 1.081 calon wisudawan. Sehingga total wisudawan Unindra pada semester genap 2016/2017 ini telah mencapai 5.897 orang.

"Ini adalah wisuda ke 5 semester genap tahun 2016-2017. Diikuti 1.081 peserta, sehingga total wisuda semester genap ini 5.897 orang. Total alumni Unindra 59.810 orang. Sedangkan jumlah mahasiswa aktif 36.181 orang", ungkap Sumaryoto. (Bud)