Sabtu, 11 November 2017 - 18:42:37 WIB

Usia, Salah Satu Kriteria Calon Pendamping Jokowi pada Pilpres 2019

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 194 kali


Raja- Salah satu kriteria bagi calon pasangan Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2019 mendatang adalah faktor usia, tidak terpaut jauh.

"Pasangan pak Jokowi untuk kedua kalinya, kalau terpilih lagi jadi Presiden RI pilpres 2019 mendatang, eloknya, pasangan atau pendamping Jokowi yang usianya tidak jauh beda dengan usia beliau", kata Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Jendral (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, M.Pd kepada wartawan usai memberikan kuliah umum di kampus UKI, Jakarta, Jumat (10/11).

Luhut menjelaskan, kriteria usia yang tidak jauh berbeda tersebut agar bisa mengimbangi, atau bahkan bisa dipersiapkan sebagai tongkat estafet menjadi pemimpin berikutnya.

"Agar bisa mengimbangi, bisa jadi berkesinambungan kedepannya. Kalau pak Jokowi mendapat pendamping, umurnya tidak jauh berbeda, itu kalau kinerjanya bagus, bisa dipersiapkan tongkat kepemimpinan bisa yang lebih baik", jelas Luhut dalam kuliah umum bertema "Meninbang-nimbang Pendamping Ir. Joko Widodo Pada Pemilihan Presiden RI Tahun 2019 : Suatu Renungan Dari Kampus UKI" yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UKI tersebut.

Sebelumnya, ditempat yang sama, Dekan Fakultas Hukum UKI, Hulman Panjaitan, S.H., M.H., mengatakan kuliah umum yang sedikit berbau poliitik tersebut diharap dapat menjadi sumbangsih akademisi dalam mencari kualifikasi non normatif bagi calon pemimpin bangsa ke depan yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju.

"Karena secara normatif, persyaratan dan kualifikasi untuk calon pemimpin bangsa telah ditetapkan dalam konstitusi atau UUD tahun 1945 dan peraturan perundangan-undangan tentang Pemilihan Umum", ujarnya.

"Kami berharap kita semua dapat memanfaatkan momentum ini untuk mencari calon pemimpin bangsa yang terbaik", pungkas Hulman Panjaitan, S.H., M.H. (Bud)