Kamis, 09 November 2017 - 05:56:48 WIB

KRI Banjarmasin 592 Tiba di Kolinlamil Bawa Satgas Ekspedisi Bakti PMK

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 182 kali


Raja- Setelah selesai melaksanakan tugas kemanusiaan di sejumlah pulau di wilayah bagian timur Indonesia selama kurang lebih 34 hari sejak tanggak 6 Oktober lalu meninggalkan Jakarta, akhirnya satuan tugas ekspedisi bakti PMK tahun 2017 ini tiba kembali di dermaga Moelyono Silam Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/11/2017) dengan menggunakan KRI Banjarmasin 592.

Kedatangan satgas ini disambut oleh Deputi I Bidang Koordinator Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Marskal Muda TNI (Purn) Masmun Yan Manggesa didampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E. dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Kolinlamil.

Masmun Yan Manggesa Deputi I Bidang Koordinator Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK mewakili menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan menutup pelaksanaan kegiatan tersebut di atas geladak heli KRI Banjarmasin 592.

Dalam sambutannya dia mengatakan ekspedisi bakti PMK ini salah satu tugas penting dan mulia yang merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan pulau-pulau terpencil dan tertinggal melalui kegiatan ekspedisi bakti pembangunan manusia dan kebudayaan tahun 2017 dengan baik.

“Pelaksanaan kegiatan ekspedisi bakti PMK bersinergi dengan empat agenda strategis pemerintah yaitu menghadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa, membangun indonesia dari pinggiran, melakukan revolusi karakter bangsa dan memperteguh ke-bhinekaan bangsa indonesia”, jelasnya.

“Ekspedisi ini bukan hanya sekedar mengantar bantuan tetapi juga membawa hati yang peduli, menumbuhkan asa bagi saudara dan teman-teman kita yang berada jauh di mata, tapi sangat dekat di hati kita sebagai sesama anak bangsa yang sangat mencintai negeri ini”, tambahnya.

Kegiatan ini juga terselenggara atas kerjasama dan gotong royong dari kementerian/lembaga, dunia usaha serta komunitas masyarakat yang telah berpartisipasi dan melakukan berbagai kegiatan untuk memberdayakan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air.

Tahun 2017 ini, peserta ekspedisi telah menyinggahi dan berkegiatan di lima daerah yaitu kabupaten Muna, kota Tual, kepulauan Aru, kabupaten Asmat dan kabupaten Merauke. Di daerah tersebut telah dilaksanakan berbagai kegiatan bersama masyarakat setempat dengan semangat dan penuh gotong royong.

Mengakhiri sambutannya mewakili menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan dia menyampaikan penghargaan yang tinggi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ekspedisi bakti PMK diantaranya: Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, kepada TNI serta kementerian dan lembaga terkait, para stakholder , relawan dan terlebih kepada KRI Banjarmasin 592 yang telah turut bersama-sama memberikan dukungan dan bantuan serta berpartisipasi aktif dalam mengikuti pelayaran bakti PMK tahun 2017.

Sementara Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Stanley Lekahena menjelaskan kondisi pelayaran dari Jakarta selama kurang lebih 34 hari sejak tanggal 6 Oktober dan hari ini tiba kembali ke Jakarta semua berjalan aman dan lancar serta Tim satgas yang berada di kapal semua dalam kondisi sehat.