Rabu, 13 September 2017 - 03:11:44 WIB

2029, Unindra Targetkan Mampu Jadi Research University

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 162 kali


Raja- Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) mentargetkan, kampus yang dipimpinnya akan mampu mencapai derajat research university dan menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat langsung diaplikasikan kepada masyarakat.

"Ini menjadi target. Sekarang ini Unindra baru mencapai derajat Teaching University (perguruan tinggi yang mengedepankan proses pembelajaran). Setelah itu mulai tahun 2029, kita harap capai reseach university. Ini memang obsesi setiap perguruan tinggi untuk menjadi universitas research", kata Sumaryoto dalam sambutannya saat Wisuda Ke-56 Unindra Tahun Akademik 2016-2017 Semester Genap, di TMII, Jakarta, selasa (12/9).

Pada Wisuda ke-56 ini, sebanyak 1.358 wisudawan yang terdiri atas 1.196 mahasiswa dinyatakan lulus S1 dan 160 lulus S2. "Wisuda ke-56 ini tahap pertama wisuda Tahun Akademik 2016-2017 Semester Genap. Insyaallah semester genap akan ada 5 periode wisuda. Karena jumlah yang akan diwisuda lebih dari enam ribu orang lulusan", ungkap Sumaryoto. Mahasiswa aktif Unindra sendiri saat ini mencapai 35.746 orang.

"Awalnya hanya 3.917 mahasiswa, sekarang sudah 35.746 mahasiswa, ini harus kita syukuri bersama, ini bukti kepercayaan masyarakat kepada kampus kita", imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Sumaryoto, kampus yang baru saja melaksanakan hari jadi ke 14 tepatnya 6 September 2017 lalu ini akan terus berbenah dan meningkatkan mutu dan pelayanan. "Dalam rangka itu, maka yang paling pertama kita lakukan adalah bagaimana kita tingkatkan kualitas. Dengan jumlah mahasiswa tersebut, kami akan jadikan titik tolak dalam pengembangan dan pembinaan kampus", ujarnya.

Sumaryoto menuturkan, Unindra juga segera mengajukan usulan akreditasi Perguruan Tinggi, yakni pada bulan Oktober 2017 mendatang. "Sudah kita persiapkan. Ada 7 standar yang harus dipenuhi. Terakhir kita penuhi tentang sarana/prasarana, dimana pada Februari 2017 lalu, sudah diresmikan gedung unit 7. Sekarang yang sedang kami proses persiapan lahan untuk membangun gedung berikutnya, unit 8. Ini suatu bukti bahwa Unindra tidak berhenti dalam membangun, baik secara fisik maupun non fisik", jelasnya.

Terkait akreditasi institusi ini, dikesempatan yang sama, Sekertaris Kopertis Wilayah III mengajak Unindra untuk terus mengembangkan diri dan mengevaluasi standar pendidikan tingginya yang diharapkan melampaui standar pendidikan tinggi nasional. "Ini harus sudah tersusun Desember 2017. Tapi saya yakin standar pendidikan tinggi Unindra sudah melampaui standar nasional. Sebab kalau saya lihat akreditasnya rata-rata sudah B bahkan A. Nah tentu ini menjadi penguatan ketika Unindra akan lakukan akreditasi institusi, saya yakin Unindra akan dapat peringkat A atau Unggul untuk institusinya", kata Sekertaris Pelaksana Kopertis Wilayah III.

Saat ini, lanjutnya, di seluruh Indonesia baru ada 56 perguruan tinggi yang raih peringkat A atau Unggul, dimana 7 diantaranya berada dipembinaan Kopertis Wilayah III. "Mudah-mudahan Unindra jadi yang ke 8. Tapi yang penting sudah melampaui standar nasional pendidikan tinggi", ujarnya. (Bud)