Selasa, 12 September 2017 - 21:13:31 WIB

Keajaiban ASI untuk Ibu dan Buah Hati

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 165 kali


Raja- Air Susu Ibu (ASI) sudah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Sekarang ini, para Ayah/Suami pun banyak yang lebih tahu tentang ASI dan manfaatnya. Sudah banyak juga kelompok pemerhati dan pendukung ASI di masyarakat kita. Hal ini adalah suatu hal positif yang patut disyukuri oleh kita semua.

"ASI adalah anugerah Tuhan yang telah diberikan oleh Tuhan sedemikian sempurna agar dapat diambil manfaatnya oleh para Ibu untuk memberikan makanan yang terbaik bagi buah hatinya. Sangatlah bijaksana apabila para Ibu lebih memilih ASI sebagai nutrisi pertama bagi bayinya. Selain memiliki manfaat luar biasa bagi bayi, ASI juga sangat bermanfaat bagi Ibu", kata dr. Lili Marliani, Konselor Laktasi RSIA Citra Ananda kepada redaksi, Selasa (12/9).

Lili menuturkan, ada banyak manfaat ASI bagi bayi, antara lain :

Kandungan ASI memiliki zat-zat gizi yang sangat lengkap. ASI mudah diserap dan dicerna oleh bayi yang baru lahir sehingga bayi terhindar dari diare karena intoleransi ASI melindungi terhadap infeksi karena mengandung zat antibodi ASI dapat mempererat hubungan kasih sayang antara bayi dan ibu sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Adapun manfaat ASI bagi ibu adalah sebagai berikut :

Pemberian ASI ekslusif dapat membantu menunda kehamilan baru. ASI dapat membantu melindungi kesehatan ibu. ASI dapat membantu ibu dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Biaya yang diperlukan lebih rendah dibandingkan pemberian susu formula.

"Banyak yang sudah membuktikan sendiri manfaat ASI yang sangat luar biasa ini. Saat ini anak ke 3 saya sudah berusia 14 bulan. Namun ditengah kesibukan saya sebagai ibu bekerja, saya masih bisa terus memberikan ASI tanpa kendala apapun. Dan anak saya tumbuh sehat tanpa ada gangguan kesehatan yang berarti. Ditengah era yang sangat mendukung pemberian air ajaib ini, saya yakin para ibu bisa terus memberikan ASI, sebagai bekal untuk buah hati mereka supaya bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang bisa dibanggakan", papar Lili. (Bp)