Senin, 11 September 2017 - 16:35:20 WIB

Wakasal Pimpin Upacara Hari Jadi Ke-72 TNI AL

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 173 kali


Raja- Hari Jadi TNI Angkatan Laut merupakan salah satu kegiatan untuk mengenang dan memperingati Iahirnya TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahanan negara di Iaut. HUT TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September 2017 ini diharapkan menjadi sarana refleksi pelaksanaan tugas-tugas pembinaan dan kemampuan TNI Angkatan Laut guna mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Tema Hari Jadi ke 72 TNI Angkatan Laut tahun ini yaitu "Bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdauIat, mandiri dan berkepribadian". Tema ini dilandasi oleh tugas-tugas yang diemban TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama penegak hukum dan kedaulatan negara di Iaut sebagaimana diamanatkan dalam pasal 9 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Kegiatan Hari Jadi ke 72 TNI AL tahun 2017 ini diselenggarakan di Pondok Dayung Jakarta, dalam bentuk upacara parade dan defile pasukan, dimeriahkan dengan pertunjukan sosio drama prajurit dan dilanjutkan dengan resepsi. Rangkaian acara Hari Jadi TNI Angkatan Laut ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 September 2017 di Dermaga Pondok Dayung Koarmabar dengan Inspektur Upacara adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R.

Upacara parade melibatkan pasukan yang terdiri dari satu unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI Angkatan laut, 1 Kompi Perwira yang terdiri Pamen dan Pama gabungan Wilayah Barat, Yon I Gabungan terdiri atas Pomal dan Kowal Wilayah Barat, Yon II Bintara Wilayah Barat, Yon III Tamtama Wilayah Barat, Yon IV Marinir, Yon V Gabungan terdiri dari PuspenerbaI dan Dislambair Wilayah Barat, Yon VI Gabungan Passusla Wilayah Barat den 1 Kompi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejarah singkat TNI AL

Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan, selanjutnya tanggal 18 Agustus 1945 para pemimpin Indonesia yang menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) bersama-sama 25 orang wakiI-wakil daerah mengadakan sidang pertamanya di bawah pimpinan Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Dalam sidang tersebut diputuskan antara Iain ďAgar Presiden selekas mungkin mendirikan Tentara Kebangsaan untuk kepentingan mempertahankan Kedaulatan Republik Indonesia.

Pada tanggal 22 Agustus 1945 PPKI mengadakan rapat dan memutuskan antara Iain membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) dengan tujuan menjaga keamanan umum dalam negeri. BKR bukanlah organisasi Tentara. tidak dinamakan Tentara semata-mata untuk menghindari bentrokan dengan pihak penjajah Jepang yang menganggap hal tersebut sebagai suatu tindakan agresif. Disamping itu pembentukan BKR adalah untuk mendapatkan pengakuan dunia lnternasional terhadap kemerdekaan Indonesia yang baru diproklamasikan.

Pengumuman Pemerintah tentang pembentukan BKR mendapat sambutan dari pemuda-pemuda yang bertugas di bidang kelautan dan pelayaran, sehingga pada tanggal 10 September 1945 dibentuk BKR Laut Pusat dibawah pimpinan M. Pardi dan telah mendapat pengesahan dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Sebagai Markas BKR Laut dipakai sebuah gedung di Jalan Budi Utomo, Jakarta. Setelah BKR Laut Pusat dibentuk, secara berantai telah mengobarkan semangat para pemuda pelaut di daerah-daerah lainnya untuk membentuk BKR Laut, sehingga pada kurun waktu bulan September 1945 telah terbentuk beberapa BKR Laut di daerah antara lain : BKR Laut Banten, BKR Laut Cirebon, BKR Laut Semarang, BKR Laut Cilacap, BKR Laut Banyuwangi, dan Iain-lain.

Dengan demikian, BKR Laut Pusat telah berperan penting sebagai cikal bakal pembentukan organisasi pertahanan negara matra laut yang saat ini dinamakan TNI Angkatan Laut.

Guna mengenang perjuangan tekad serta semangat para pahlawan bahari tersebut, maka berdasarkan Telegram Kasal Nomor 038/SREN/0809 tanggal 31 Agustus 2009 ditetapkanlah bahwa setiap tanggal 10 September diperingati sebagai Hari Lahir TNI Angkatan Laut.