Rabu, 23 Agustus 2017 - 00:27:19 WIB

Lantamal III Ajak Warga Bersihkan Sampah Plastik di Kali Angke

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 274 kali


Raja- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mengajak warga untuk bergotong royong membersihkan sampah plastik di Kali Muara Angke sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Jakarta Utara, Selasa (22/08).

Kegiatan yang bertemakan “Lantamal III Mengajak Masyarakat Tidak Membuang Sampah Plastik di Sungai dan Laut” adalah sesuai instruksi Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos kepada seluruh jajaran Koarmabar untuk dilaksanakan secara serentak.

Sedikitnya 175 personel Lantamal III dan 130 orang dari elemen masyarakat maritim yang terdiri dari personel UPPP Muara Angke, TPI Muara Angke, Damkar Muara Angke, Trantib Muara Angke, Kesehatan Pelabuhan, KSOP Muara Angke, Masyarakat Nelayan dan UD Nelayan Bahagia. Dengan penuh semangat mereka bersama-sama membersihkan sampah plastik di kawasan kali Muara Angke mulai dari memunguti sampah plastik yang bertebaran dipinggiran dan memasukan ke tempat sampah, sampai menggunakan perahu karet untuk mengambil sampah plastik yang mengapung di tengah.

Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad, SH, MM., dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar kita peduli untuk tidak membuang sampah di sungai ataupun di laut terutama sampah plastik karena sampah plastik adalah salah satu sampah yang tidak bisa membusuk dan melebur dengan tanah dan air.

"Dapat kita bayangkan apabila setiap waktu sampah plastik tersebut terus menumpuk di Muara Angke dan Pantai, yang sudah barang tentu akan mencemari lingkungan yang merupakan tempat kita tinggal dan untuk mencari nafkah", kata Danlantamal III.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan lantamal III Kolonel Laut (P) Jaya Darmawan, para Asisten Danlantamal III, Kasatker/Kadis di jajaran Lantamal III, Kepala KSOP Muara Angke, Kepala UPPP Muara Angke serta pelaku usaha perikanan Muara Angke.