Sabtu, 29 Juli 2017 - 13:25:57 WIB

Unindra Gelar Diskusi Panel Nasional "Pendidikan Kewirausahaan"

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 422 kali


Raja- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) menyelenggarakan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan dengan tema "Memajukan Kewirausahaan dalam Upaya Membangun Indonesia" di Kamus B Unindra, Pasar Rebo, Jakarta, Sabtu (29/7).

Diskusi Panel Nasional tersebut menampilkan pembicara utama Prof. Dr. H Yuyun Wirasamita (Guru Besar UNPAD Bandung), dan Dr. dedi Purwana SE. M.Bus (Dekan Fakultas Ekonomi UNJ), serta Pembicara Kunci Prof. Dr. H. Sumaryoto (Rektor Unindra).

Rektor Unindra Prof. Dr. Sumaryoto dalam sambutannya mengatakan, peran pengusaha sangat penting dalam upaya pembangunan ekonomi suatu negara.

"Pembangunan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh peran pengusaha, peran kewirausahaan karena mereka adalah orang yang kreatif, inovatif, orang yang antisipatif dan orang yang bisa menciptakan pasar baru. Dari sinilah maka akan tercipta suatu negara yang maju dan otomatis menjadi negara yang kuat", kata Sumaryoto.

Namun demikian, Sumaryoto mengakui tidak mudah menjadi pengusaha handal. Dibutuhkan jiwa enterpreneur yang berkarakter, mampu dan berani menghadapi serta meraih peluang yang ada.

"Yang perlu saya garis bawahi, seorang wirausaha sangat ditentukan oleh bakat, karakter, juga berani mengambil resiko, juga optismis dan yang didukung juga Inovatif, bisa menciptakan hal-hal yang baru sebagai terobosan", tegasnya.

Unindra sendiri, lanjut Sumaryoto, telah mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi seorang wirausahawan handal melalui program mata kuliah kewirausahaan sebanyak dua semester.

Dengan mata kuliah ini diharapkan para sarjana Unindra akan siap menghadapi setiap perubahan jaman dan dapat meraih setiap peluang yang ada, menjadi seorang yang mandiri dan ikut aktif dalam pembangunan bangsa dengan menciptakan lapangan pejerjaan bagi sesama. (Bp)