Kamis, 13 Juli 2017 - 02:41:24 WIB

Kiprah Bakamla RI dalam Working Level Meeting di Pakistan

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 199 kali


Raja- Direktur Kerja Sama Bakamla RI Sandi, S.H., M.H. selaku Ketua Delegasi Republik Indonesia menghadiri Pertemuan Working Level Meeting (WLM) untuk Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-13 di Movenpick Hotel, Karachi, Pakistan, Rabu (12/7/2017).

Pada pertemuan hari kedua ini, Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR, membeberkan hasil kegiatan Maritime Security Desktop Exercise Ke-8 yang telah berlangsung di Manado pada Mei 2017 dan kala itu Bakamla RI selaku tuan rumah mengundang seluruh anggota HACGAM. Hal ini berkaitan pula dengan kepesertaan Indonesia dalam forum HACGAM yang menjadi Lead Pillar Capacity Building.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi Bakamla RI yang menjadi Lead Pillar Capacity Building, turut disampaikan pula rencana pelaksanaan pelatihan yang termasuk dalam salah satu program khusus untuk anggota HACGAM. Pelatihan yang dipilih merupakan bidang penegakan hukum di laut dan rencana akan dilaksanakan di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC), Semarang pada akhir Agustus 2017.

Sebelumnya, pertemuan WLM untuk HACGAM Ke-13 ini secara resmi telah dibuka oleh Deputy Director General of Pakistan Maritime Security Agency Commodore Abdul Majid selaku Chairmen dari negara penyelenggara HACGAM Ke-13, Selasa (11/7/2017).

Pertemuan yang dihadiri oleh instansi penegak hukum di kawasan Asia ini merupakan pertemuan dalam rangka mempersiapkan kegiatan HACGAM ke-13 di Pakistan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2017.

Adapun negara anggota HACGAM yang hadir dalam kegiatan WLM ini antara lain: Australia, Bangladesh, Republik Rakyat Tiongkok, India, Republik Indonesia, Jepang, Malaysia, Maldives, Filipina, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Korea Selatan, Thailand dan Vietnam.

Pada kesempatan WLM kali ini Turkish Coast Guard Command hadir sebagai Observer dan juga turut hadir beberapa negara yaitu Bahrain, Saudi Arabia dan Uni Emirates Arab sebagai undangan.

Agenda utama yang dibahas pada pertemuain ini mengenai laporan dari masing-masing Lead Pillar kerja sama, antara lain: India untuk Pilar SAR, Filipina untuk Pilar Environmental Protection, Jepang dan Korea Selatan untuk Pilar Controlling Unlawful Act at Sea, serta Jepang, Malaysia dan Indonesia untuk Pilar Capacity Building. Selain itu pertemuan ini juga membahas tentang pengajuan dari Turkish Coast Guard untuk menjadi anggota HACGAM, rencana perubahan Pilar Kerja Sama menjadi Working Group, dan beberapa inisiatif baru dalam kerangka kerja sama HACGAM.

Anggota Delegasi Indonesia yang hadir antara lain Kasubdit Harmonisasi Strategi Bakamla RI Kombes Pol. Tatar Nugroho, S.IK., S.H., Kasubdit Opsnal Korpolairud Baharkam, Polri Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H., Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR, dan Staf Seksi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Vida Gessy Zerlina, S. Hum,. (Bp)