Senin, 10 Juli 2017 - 15:48:11 WIB

TNI AL Gelar Pekan Olahraga Wilayah Barat 2017

Penulis : Redaksi
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 175 kali


Raja- Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Tri Prasodjo mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., secara resmi membuka Pekan Olahraga TNI AL Wilayah Barat (Porwilbar) tahun 2017 yang berlangsung di Lapangan Trisila Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Senin (10/7).

Pekan Olahraga TNI AL Wilayah Barat diikuti para atlet para prajurit TNI AL, pegawai negeri sipil (PNS) TNI AL serta Jalasenastri ini, dilaksanakan secara serentak di Jakarta. Sebagai penyelanggara Porwilbar tahun ini adalah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangarmabar.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Irjenal, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengukur hasil pembinaan prestasi olahraga yang telah dilaksanakan, serta menjadi wadah untuk menjaring atlet berprestasi di lingkungan TNI Angkatan Laut, yang dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan Panglima TNI tahun 2017, serta kejuaraan-kejuaraan bertaraf nasional bahkan internasional.

Dengan mempertandingkan 4 (empat) cabang olah raga antara lain Sepak Bola, Tenis Lapangan, Bola Voli, dan Bulu Tangkis ini, Pekan Olahraga TNI Angkatan Laut merupakan kegiatan yang diselenggarakan sekali dalam setahun sebagai salah satu program pembinaan yanus olah raga bagi prajurit di lingkungan TNI Angkatan Laut. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud upaya pengembangan pembinaan prestasi olah raga, meningkatkan kesamaptaan jasmani prajurit, sekaligus untuk mencari bibit-bibit olahragawan di lingkungan TNI Angkatan Laut guna menghadapi berbagai even pertandinganv/kejuaraan olah raga, baik di tingkat TNI, seperti Panglima TNI Cup, dalam komite olah raga militer Indonesia, maupun pada komite olah raga militer tingkat internasional.

Di akhir amanatnya, Kasal menegaskan untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas serta memelihara kerjasama dan kekompakan diantara atlet, officialmaupun suporter agar setiap pertandingan berjalan dengan tertib dan lancar. "Jalin hubungan semua peserta antar kotama, agar tercipta kondisi yang harmonis dalam keluarga besar TNI Angkatan Laut. Hindari hal-hal yang dapat memancing emosi dan bentrokan fisik, karena hal tersebut justru bertentangan dengan semangat sportivitas yang menjadi roh dalam olahraga", tegasnya.

Komando Utama (Kotama) yang akan berlaga di arena Porwilbar, diikuti oleh 613 orang dengan rincian: Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) sebanyak 54 atlet dan 30 official, Komando Armada RI Kawasan Barat (Armabar) sebanyak 57 atlet dan 40 official, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebanyak 54 atlet dan 40 official, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) sebanyak 52 atlet dan 25 official, Korps Marinir (Kormar) sebanyak 59 atlet dan 47 official, Pusat Hidrografi dan Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) sebanyak 52 atlet dan 22 official, dan Gabungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) wilayah Barat sebanyak 54 atlet dan 27 official.

Selain Pekan Olahraga TNI AL Wilayah Barat (Porwilbar), TNI AL juga menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga Wilayah Timur (Porwiltim) yang dipusatkan di Surabaya yang diikuti oleh Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Marwiltim, Gabungan Lantamal Wilayah Timur, dan Gabungan UPT Mabesal. (disp)