Senin, 03 Juli 2017 - 20:00:25 WIB

KASAL Launching Website IMSS 2017

Penulis : Redaksi
Kategori: LIPUTAN EKSLUSIF - Dibaca: 235 kali


Raja- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P melaksanakan launching Website International Maritime Security Symposium (IMSS) 2017 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (3/7). Turut mendampingi Kasal dalam acara tersebut Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E, M.M, sebagai penyelenggara IMSS 2017 dan Ketua Pelaksana IMSS 2017 Laksamana Pertama TNI T.S.N.B, Hutabarat, M.M.S., yang merupakan Wakil Komandan Seskoal.

Pada acara Launching Website IMSS 2017 tersebut, diawali dengan penayangan film pendek tentang kegiatan IMSS 2017 serta cuplikan kegiatan IMSS 2013 dan IMSS 2015, yang dilanjutkan dengan ditampilkannya halaman utama website oleh Kasal melalui perangkat smartphone yang terkoneksi dengan layar LED, sebagai tanda dimulainya penggunaan Website IMSS 2017.

Ketua pelaksana kegiatan IMSS 2017 Laksamana Pertama TNI T.S.N.B, Hutabarat, M.M.S., mengatakan, keberadaan website ini diharap dapat menjadi media komunikasi serta informasi bagi para peserta IMSS dari berbagai negara. "Diharapkan dengan adanya website ini dapat menjadi media informasi baik itu pada masa persiapan,  hingga pada pelaksanaan  IMSS  2017, selain itu website ini tetap berfungsi dan digunakan untuk pelaksanaan IMSS berikutnya baik di tahun ini maupun kedepanya".

Kegiatan IMSS merupakan kegiatan bertaraf International yang diprakarsai oleh TNI AL dan dilaksanakan dua tahun sekali ini, sebagai wadah bertemunya para pemimpin angkatan laut dari negara-negara anggota Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Western Pacific Naval Symposium (WPNS) untuk membahas secara komprehensif perkembangan keamanan maritim di dunia.

Pada IMSS tahun 2017 kali ini, akan mengangkat tema "Maritime Coorperation for Good Order at Sea". Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya yang dilaksanakan di Jakarta. IMSS 2017 akan diselenggarakan di Denpasar, Bali pada 23 sampai dengan 25 Agustus 2017. Ditunjuknya Bali sebagai tempat penyelenggaraan merupakan bentuk kontribusi aktif TNI AL terhadap program pemerintah memajukan pariwisata, sehingga event ini bukan sekedar symposium biasa namun juga sebagai sarana promosi keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia.

Kedepan IMSS selanjutnya akan dilaksanakan di berbagai tempat di Indonesia yang dikenal sebagai negara kaya akan ragam budaya dan keindahan alam. Dengan dilaksanakanya symposium ini, menjadi salah satu bukti akan kapasitas Indonesia sebagai negara maritim yang besar dalam peran aktifnya menjaga stabilitas keamanan baik regional maupun international. dan dilaksanakan setiap dua tahun sekali. (bud/disp)