Senin, 19 Juni 2017 - 02:50:31 WIB

Asops Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Launching TMP Indomalphi

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 226 kali


Raja- Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung didampingi Komandan Satgas (Dansatgas) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr.(Han)., dan Kolonel Laut (P) M.Zaenal meninjau geladi bersih Launching Trilateral Maritime Patrol (TMP) Indonesia, Malaysia dan Philippines (Indomalphi) yang berlangsung di KRI dr.Soeharso (SHS)-990 selaku kapal markas.Tarakan.Minggu, (18/06/2017).

Dalam geladi bersih tersebut, Asops Panglima TNI menyaksikan urut-urutan kegiatan dimulai dari kegiatan peresmian Maritime Command Center (MCC) Tarakan di Mako Lantamal XIII sampai dengan kegiatan Launching TMP Indomalphi dan demonstrasi laut dari unsur-unsur laut maupun udara yang akan tampil besok disaksian oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo serta Menhan Malaysia dan Filipina diikuti oleh Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia dan Filipina.

Asops Panglima TNI selanjutnya menerima paparan rencana kegiatan Launching TMP Indomalphi dari Kepala Bidang (Kabid) Operasi (Ops) Kolonel Laut (P) Endra Hartono. Dalam acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari Kemhan RI, Mabes TNI dan delegasi dari Malaysia. Acara yang berlangsung saat KRI SHS-990 berlayar selanjutnya rombongan menyaksikan demo Trilateral Maritime Indomalphi yang menampilkan kekuatan tempur ketiga negara dengan menghadirkan terobosan baru yakni Pusat Komando Pengendali Kemaritiman atau MCC yang ada di Tarakan-Indonesia, Tawau-Malaysia dan Bungao-Filipina.

Usai menyaksikan demo tersebut, Asops Panglima TNI menyampaikan pengarahan bahwa geladi bersih sekarang adalah yang terakhir sebelum pelaksanaan kegiatan besok. "Sejauh ini rangkaian kegiatan sudah berjalan dengan baik namun masih bisa kita licinkan lagi agar kegiatan benar-benar sempurna. Saya menyoroti rangkaian kegiatan dari hotel bagi yang bukan rombongan dari Kemhan dan Mabes TNI berangkat mendahului sedangkan yang lain sudah di ballroom KRI", ujarnya.

Lanjutnya, setelah kegiatan penyambutan paparan tidak lebih dari 5 menit, sedangkan unsur-unsur udara untuk lebih bermanuver saat melintasi kapal sasaran, untuk fastrope dan pengawak RHIB oleh Kopaska perhatikan keselamatan personil. Latihan kali ini saya menyoroti bagian teknis yang utama adalah tampilkan demo dengan efisien.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Satgas TMP Indomalphi Kolonel Laut (P) Slamet Hariono, Kabid Demo Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Kadiskomlek Koarmatim Kolonel Laut (E) Sukarnoto, S.T., M.Sc., Kadisinfolahta Koarmatim Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, SSI.MT., dan seluruh pendukung Satgas TMP Indomalphi. (Disp)