Senin, 08 Mei 2017 - 22:08:27 WIB

Kadisminpers Kolinlamil : Prajurit yang Baik Disiplin dan Loyal Terhadap Aturan

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 357 kali


Raja- Masalah pangkat, cuti, pendidikan merupakan hak bagi setiap prajurit yang tentu ada prosedur dan tata cara untuk mencapai itu. Setiap prajurit yang memiliki konduite yang baik tentu akan secara otomatis memiliki hak untuk naik pangkat, mengikuti pendidikan dan cuti yang diberikan 2 (dua) kali dalam setahun. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Administrasi dan Personel (Kadisminpers) Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Joko Susilo saat menyampaikan arahannya pada apel gabungan seluruh jajaran Kolinlamil, Senin (8/5), di Lapangan Apel Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Dalam arahannya, Kadisminpers yang telah lebih dari enam bulan memegang jabatan ini menyampaikan bahwa jika prajurit selalu baik dalam berdinas, mengikuti segala aturan dan perintah pimpinan dengan baik, tentu Kasatker atau atasan akan berupaya untuk memberikan usulan sebagai bentuk kesejahteraan kepada bawahannya.

"Loyalitas dan disiplin prajurit dalam melaksanakan tugas tentu merupakan prioritas pimpinan dalam menilai reward yang akan diberikan kepada bawahannya", jelas pamen dengan dua melati di pundak ini.

Arahan Kadisminpers tersebut setelah bercermin menurunnya disiplin beberapa kurun waktu terkait cukup menonjolnya permasalahan yang terjadi pada prajurit. Untuk itu Kadisminpers menghimbau agar prajurit tetap berpegang teguh terhadap Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai landasan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pertimbangkan dengan matang apabila hendak melakukan sesuatu, sayangilah diri dan keluarga. Lebih baik utamakan dinas dan keluarga. Bersyukurlah selalu telah menjadi prajurit TNI Angkatan Laut", ujarnya.

Selain itu, Kadisminpers juga menyoroti masalah cuti bagi prajurit yang harus mengikuti prosedur, misalnya mengikuti Kesamaptaan jasmani dan memeriksakan kesehatannya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kalau waktunya tes kesamaptaan ya ikuti karena itu juga untuk kepentingan prajurit baik yang hendak pendidikan ataupun cuti. Apalagi sekarang banyak prajurit yang mengeluh sakit. Itu salah satunya karena malas berolahraga. Juga jangan lupa periksa kesehatan agar kita tahu bila memiliki riwayat penyakit", tegasnya.

Lebih lanjut Letkol Laut (KH) Joko Susilo mengarahkan kepada para prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil untuk tetap meningkatkan semangatnya dalam melaksanakan tugas, menjaga diri dengan tidak melakukan pelanggaran, disiplin dalam berdinas dan menjauhi dari Narkoba.

"Dengan tidak henti-hentinya, kepada seluruh prajurit Kolinlamil sesuai perintah Pangkolinlamil, jangan mencoba-coba bermain-main dengan narkoba, ingat keluarga, karier dan masa depan”" tandasnya mengakhiri.

Dalam apel gabungan tersebut, hadir seluruh prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil, komandan apel Mayor Laut (E) Abdul Kohar yang sehari-hari berdinas di Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek) Kolinlamil. (disp)