Rabu, 18 Desember 2013 - 13:54:21 WIB

Masyarakat Jaksel Bisa Urus Paspor di Kantor Imigrasi Pondok Pinang

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 1220 kali


Raja.com-- Masyarakat Jakarta Selatan yang hendak mengurus Pasport sekarang tidak perlu ngantri panjang di Kantor Imigrasi Warung Buncit, cukup ke Kantor Unit Layanan Paspor Wilayah I Pondok Pinang.

"SOP nya sama, biaya yang harus dikeluarkan juga sama", kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Maryoto Sumadi MS. SH MM, saat Soft Opening Unit Layanan Paspor Wilayah I Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu (18/12)

Maryoto menuturkan, dengan dibukanya Kantor Imigrasi Unit Layanan Paspor di Pondok Pinang maka penumpukan di Warung Buncit akan berkurang hingga sepertiganya setiap hari.

"Jumlah pengunjung setiap hari sekitar 1500. Harapannya, 30 persen pemohon yang berada dari Tangerang Selatan akan beralih mengurus di Pondok Pinang ini", ungkap Maryoto.

Maryoto menjelaskan, area publik Kantor Imigrasi Warung Buncit sudah tidak memadai kapasitasnya untuk melayani sekitar 1500 pengunjung per harinya.

"Akibatnya masyarakat merasa tidak nyaman. Banyak permasalahan timbul sehingga membuka peluang praktek percaloan. Padahal kita ingin pelayanan yang baik, sejuk, nyaman. Karena itu kita memecah konsentrasi yang ada di Warung Buncit dengan membuka Kantor Unit", jelas Maryoto.

Selain di Pondok Pinang, lanjut Maryoto, Imigrasi Jakarta Selatan juga membuka Unit Layanan Paspor di Karang Tengah, Ciputat, yang akan melayani pemohon yang berasal dari Depok sekitarnya.

"Di dua kantor Unit Layanan Paspor ini kita memberikan pelayanan pembuatan Paspor Baru dan Perpanjang. Tapi khusus untuk pelayanan Paspor hilang atau rusak, tetap dilakukan di Kantor Imigrasi Warung Buncit", pungkas Maryoto. (BUD/PUR)